Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tarif Angkot Tangerang akan Turun Rp 500

SOROT TANGERANG - Setelah mendapat surat edaran dari Kementrian Perhubungan soal penyesuain tarif angkutan kota (Ankot), Pemda Kota Tangerang bersama Organda setempat akan melakukan penurunan tarif ankot di wilayahnya sebesar Rp 500 dari tarif semula.

Wakil Walikota Tangerang Sachrudin mengatakan  penurunan tarif angkot itu dilakukan atas pertimbangan turunnya   harga bahan bakar minyak (BBM) yang dilakukan oleh Pemerintah.

"Setelah kami mendapat surat edaran dari Kementrian Perhubungan bahwa penyesuaian tarif dikembalikan kepada daerah, Pemkot Tangerang bersama Organda sepakat untuk menurunkan tarif itu hingga sembilan persen atau Rp500,"  ujar Sachrudin kepada wartawan, Selasa (20/1).

Namun demikian, lanjutnya ketentuan penurunan tarif itu baru sampai pada kesepakatan. “Kini tinggal  menunggu  Surat Keputusan (SK) dari Walikota Tangerang Aried R Wismansayah,” kata Sachrudin sembari menambahkan yang terpenting, tarif angkot tersebut  tidak memberatkan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Organda Kota Tangerang, Eddy Fasial Lubis mengatakan penurunan tarif itu merupakan  keputusan sementara yang sesuatu saat bisa naik kembali,  karena harga BBM sifatnya fluktuatif mengikuti harga minyak dunia.

“Harga BBM sekarang ini tidak seperti dulu yang berubah setahun sekali dan bisa berubah kapan saja. Karenanya penurunan tarif tersebut  sifatnya situasional," jelas Eddy.

Dan penurunan tarif bisa diberlakunan  hanya  sekitar 9-10 persen, kata Eddy, karena sejumlah komponen yang menjadi dasar perubahan tarif, belum sepenuhnya mengalami penurunan. “Jadi saat ini yang harganya turun baru BBM, sedangkan onderdil dan biaya operasional lainnya belum. Kami tidak berani menurunkan tarif tersebut sampai 100 persen," ungkap Eddy.

Oleh karena itu, pihaknya belum berani menyosialisasikan tarif baru tersebut, karena belum ada SKnya dari Walikota.

Seperti diketahui sebelumnya, pada 20 November 2014 lalu, pasca kenaikan harga BBM. Pemerintah Kota Tangerang menaikkan tarif angkot  sebesar Rp1000.  Setelah harga BBM itu mengalami penurunan, Pemkot Tangerang juga melakukan penurunan terhadap tarif angkot tersebuit. (man)

Post a Comment

0 Comments