Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Sampai Senin, Enam Pesawat Lion Air Delay

SOROT  TANGERANG - Penerbangan maskapai Lion Air hingga Senin (23/2)  belum berjalan normal. Terbukti dengan terjadinya delay terhadap enam jadwal penerbangan ke berbagai daerah.

Berdasarkan data yang diperoleh di Terminal 1-B Bandara Soekarno-Hatta (BSH),  dari beberapa jadwal penerbangan yang diberangkatkan Senin (23/2) enam di antaranya mengalami penundaan.

Keberangkatan yang ditunda tersebut tiga pesawat jurusan Palembang, Sumatera Selatan yaitu JT 336,  JT 348 dan JT 842. Dua pesawat jurusan Medan, Sumatera Utara  seperti  JT 208 dan JT 212, serta  JT 356 jurusan  Padang, Sumatera Barat.

Akibat penudaan tersebut banyak  calon penumpang Lion Air kecewa. "Ya kalau begini terus, tentu kami kecewa," ungkap  Novi, salah seorang penumpang Lion Air  tujuan Padang.

Novi mengingatkan  keberangkatan setiap para penumpang ke berbagai daerah pasti ada keperluan dan kepentingan, seperti, bisnis, kerja, dan keperluan  keluarga hingga kemalangan.

Oleh karena  itu, kata Novi, Pemerintah harus tegas menangani penerbangan supaya perstiwa yang terjadi pada Lion Air tidak terulang lagi. Begitu  pula dengan penerbangan lainnya.

Dikonfirmasi masalah tersebut, Manager Humas PT Angkasa Pura 2, Achmad Syahrir membenarkan adanya enam pesawat Lion Air yang mengalami delay satu sampai tiga jam. Namun demikian, kata dia, untuk para penumpang yang mengalami delay itu harus mendapat kompensasi seperti yang diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan nomor 77 tahun  2011, sehingga bagi mereka yang mengalami penundaan 30 - 90 menit akan mendapatkan kompensasi merupakan makanan. Sedangkan bagi bereka yang tertunda melewati  empat jam harus mendapatkan  kompesasi Rp 300 ribu.

Namun demikian fakta di lapangan berbeda, banyak calon penumpang yang mengalami delay hingga belasan jam tidak mendapat apa-apa. Bahkan refund yang mereka terima lebih kecil dari yang telah mereka keluarkan.

Seperti yang dialami Firman asal Garut, sejak terlantar di BSH pada  Kamis lalu ia  tidak mendapat kompensasi apa-apa dari Lion Air. Bahkan, ketika tiketnya di refund, uang tiket yang awalnya Rp 414 ribu dipotong menjadi Rp 390 ribu. "Alasannya memang biaya  online segitu," ucap Firman keheranan.  (man)

Post a Comment

0 Comments