Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tinjau Pasar Mambo Tergenang Air, Nurdin Ajak Pedagang Jaga Kebersihan

Pj Walikota Tangerang Nurdin diberi  
informasi tentang aliran penyebab genangan air. 
(Foto: Istimewa)  



NET - Hujan lebat yang mengguyur Kota Tangerang pada Sabtu 11 Mei 2024, menyebabkan genangan air di Pasar Mambo dan lima titik lainnya. Merespon hal tersebut, Penjabat (PJ) Walikota Tangerang Nurdin, langsung meninjau lokasi relokasi Pasar Mambo dan lima titik lainnya yang terdampak genangan air dan melakukan koordinasi dengan dinas terkait untuk penanganan genangan air.

Berdasarkan hasil peninjauan, Nurdin pun langsung melakukan rapat koordinasi dan menyimpulkan bahwa genangan air di Pasar Mambo dan lima titik lainnya disebabkan oleh beberapa faktor.

"Tinjaun kita tadi sebagai bentuk respon terkait genangan air yang terjadi di Pasar Mambo kemarin. Kondisi tersebut karena drainase tersumbat oleh sampah sehingga air hujan tidak dapat mengalir dengan lancar," ujar Pj Walikota Tangerang usai melakukan rapat koordinasi bersama dinas terkait di Kantor Satpol PP, Kota Tangerang, Minggu (12/5/2024).

Pada peninjaua tersebut, Pj Walikota turut didampingi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang, Camat Tangerang, Kepala PD Pasar, Kesbangpol, dan Kasat Pol PP.

Mantan Kepala Pusdatin Kemendagri tersebut, mengatakan keberadaan bangunan liar dari pedagang di atas saluran air yang dimanfaatkan untuk berdagang, juga turut memperparah kondisi tersumbatnya saluran drainase.

"Hal itu menjadi penyebab menyumbatnya saluran air dan menimbulkan genangan, karena mungkin ada sampah yang tercecer dari kegiatan jual beli yang jatuh ke saluran drainase tersebut," ucapnya.

Pj Walikota menyampaikan, ada beberapa upaya yang akan dilakukan untuk menangani genangan air di Pasar Mambo dan lima titik lainnya. "Nanti Dinas PUPR Kota Tangerang agar melakukan pembersihan saluran air secara rutin, terutama di Pasar Mambo dan lima titik lainnya yang rawan genangan air, dan segera melaksanakan rencana normalisasi saluran air," jelasnya.

Selain itu, Nurdin menyampaikan akan membangun rumah pompa di belakang Pasar Mambo dan lima titik lainnya untuk membantu mengalirkan air hujan. "Kita tidak boleh lengah dan harus segera mencari solusi agar genangan air tidak terjadi lagi di Pasar Mambo dan lima titik lainnya," tuturnya.

Mantan Pj Bupati Aceh Jaya itu mengimbau kepada para pedagang dan masyarakat untuk turut berkontribusi dengan tidak membuang sampah sembarangan ke saluran air. "Mari, kita jaga bersama-sama kebersihan lingkungannya agar terhindar dari genangan air, dan gunakan fasilitas yang ada sesuai fungsinya," ucapnya. (*/pur)


Post a Comment

0 Comments