Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Arief Harapkan Kompetensi Guru Meningkat Dalam Evaluasi Pembelajaran

Para peserta sosialisasi penyusunan soal ujian 
sekolah jenjang SD se-Kota Tangerang. 
(Foto: Istimewa)  


NET - Kegiatan Sosialisasi Penyusunan Soal Ujian Sekolah Jenjang SD se-Kota Tangerang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Tangerang bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Banten secara daring, Selasa (8/3/2022).

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah menuturkan peranan guru dalam pembangunan sangat strategis yakni sebagai ujung tombak pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) guna mewujudkan profil pelajar pancasila.

"Guru sebagai ujung tombak pembangunan SDM harus bisa meningkatkan profesionalismenya untuk mewujudkan pelajar yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila," ujar Arief pada acara pembukaan.

Arief mengemukakan guru harus bisa menguasai teknik evaluasi karena proses evaluasi dalam kegiatan pendidikan menjadi alat ukur yang bertujuan memperlihatkan tingkat pencapaian peserta didik atas bahan ajar yang telah disampaikan oleh guru secara akurat.

"Guru harus mampu menguasai teknik evaluasi dengan membuat soal yang dapat menstimulus kreatifitas siswa untuk berpikir kritis, kreatif dan inovatif serta menguasai teknik penilaian yang benar," ungkap Arief.

Arief menjelaskan terkait pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas yang baru diterapkan kembali di Kota Tangerang seiring dengan kondisi pandemi yang telah mereda dan mengajak para peserta untuk terus menerapkan protokol kesehatan.

"Saat ini, alhamdulillah Kota Tangerang sudah melakukan PTM terbatas dan bertahap. Mari, kita tetap disiplin protkes agar PTM kembali normal," pesan Arief.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin menyampaikan harapan dari berlangsungnya acara ini.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini, Bapak dan Ibu guru dapat membuat soal secara maksimal dan berkualitas guna membangun pendidikan yang bermutu dan berdaya saing," harap Jamaluddin.

Sebagai informasi kegiatan sosialisasi ini dilakukan pada 8 sampai dengan 11 Maret 2022 secara daring dengan menghadirkan 8 narasumber yang berasal dari LPMP Banten dan dihadiri oleh kurang lebih 600 guru perwakilan SD se-Kota Tangerang serta 45 guru koordinator sebagai tutor sejawat. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments