Warga Dan Pedagang Pasar Cikuya Ikuti Rapid Test Massal

Baca Juga

Petugas Puskesmas sedang melakukan
rapid test terhadap seorang warga.
(Foto: Istimewa)



NET - Puskesmas Cikuya, Kecamatan Solear, menggelar kegiatan screening virus corona dengan rapid test massal di halaman Pasar Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Jum'at (29/5/2020).

Kepala Puskesmas Cikuya Kecamatan Solear dokter gigi Dono Koesoemo menjelaskan Puskesmas Cikuya beserta tim dari Desa Cikuya dan Kecamatan Solear melaksanakan screening rapid test kepada pedagang dan warga sekitar Perumahan Adiyasa.

Kenapa pihaknya memilih di halaman Pasar Cikuya, pedagang, dan warga Perumahan Adiyasa, karena melihat di sini banyak sekali kerumunan masyarakat pada pagi hari yang berbelanja untuk membeli bahan makanan dan kebutuhan rumah tangga, karena di samping Puskesmas Cikuya adalah pasar.

"Di Perumahan Adiyasa banyak masyarakat berbelanja karena ini sebenarnya dilarang. Dan mudah-mudahan dengan kita lakukan rapid test, kita bisa mengetahui apakah betul di sini aman atau tidak untuk memberantas mata rantai virus corona di Kecamatan Solear," terangnya.

Dono menjelaskan  sasaran dari rapid test sebenarnya adalah pedagang yang tidak memakai masker. Kemudian warga perumahan dan pembeli dari daerah sekitar Solear yang tidak taat aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), dan siapa saja yang berkenan ditest. Dan tidak dikenakan biaya sama sekali (gratis).

"Untuk hari ini, kita sudah melakukan rapid test kepada 100 orang, baik pedagang, warga perumahan dan orang sekitar yang berkunjung berbelanja. Dan 20 orang untuk petugas jaga di pos chek point pertigaan Adiyasa," ujar Dono.

Menurut Dono, untuk hasil rapid test bisa ditunggu 15 - 20 menit, kalau hasil reaktif atau positif kita tingkatkan menuju test swab.

"Kita akan hubungi lagi bila ada yang reaktif positif untuk dilakukan test swab," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cikuya Ade Sapei mengatakan kegiatan hari ini salah satunya melakukan screening test yang dilakukan oleh Puskesmas Cikuya bekerjasama dengan para pedagang pasar, dan juga melakukan monitor masyarakat yang tidak memakai masker dan melanggar aturan PSBB.

"Kegiatan ini dilakukan terkait dengan adanya laporan keresahan dari warga dengan ramainya para pedagang yang berjualan di badan jalan dan untuk itu dilakukan rapid test untuk pedagang dan pembeli. Kegiatan screning test bertujuan untuk memutus mata rantai coronavirus di wilayah Kecamatan Solear," ungkap Ade Black.

Menurut Ade, yang didampingi Asep dari Bhabinkamtibmas Polsek Cisoka dan Abdul Karim dari Babinsa Koramil Cisoka bahwa screening test ini sangat perlu dilakukan guna mendata dan mencegah penyebaran virus covid-19 yang ada di wilayah Kecamatan Solear.

"Kami mengimbau kepada masyarakat, khususnya masyarakat Kecamatan Solear untuk selalu mematuhi peraturan PSBB terutama selalu menggunakan masker bila ke luar rumah, cuci tangan
memakai sabun di air yang mengalir dan jaga kesehatan," pungkasnya. (bah)

Post a comment

0 Comments