Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pangdam Jaya Dan Bupati Zaki Panen Raya Buah Melon

Mayen TNI Eko Margono dan Ahmed
Zaki Iskandar dengan buah melon.
(Foto: Istimewa) 




NET - Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Eko Margiono dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar melaksanakan Panen Raya Hortikultura di Kampung Pangkalan Desa Pangkalan, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten.

"Panen Raya Hortikultura buah Melon ini sebagai upaya memperkuat dan meningkatkan ketahanan pangan nasional dalam menghadapi Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, ketahanan pangan nasional harus tetap berjalan," ujar Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Eko Margiono, Jumat (8/5/2020).

Eko Margiono mengatakan sudah menjadi komitmen bagi Kodam Jaya untuk mendukung program Ketahanan Nasional, dengan membuka lahan yang tidak produktif untuk dijadikan lahan pertanian dan perkebunan.

Pembukaan lahan tidak produktif menjadi lahan produktif ini dimulai dari Desember 2019, bekerja sama dengan pemilik lahan PT ASG. Luas tanah yang digarap kurang lebih 300 hektare, di Desa Pangkalan, Angus dan Tanjung Burung.

"Dari luas lahan 300 hektare yang telah digarap kurang lebih 50 hektare, yang sudah ditanami melon, labu, sayur bayam, sayur ccaesim, padi tradisional, rumput ajah dan padi mekanisasi,” ujar Eko.

Pangdam menjelaskan pihak Kodam Jaya hanya ingin mendorong petani untuk mau bercocok tanam dan memanfaatkan lahan kosong yang tidak produktif dan petani bisa hidup lebih layak, apalagi saat ini negeri kita sedang melanda wabah virus corona.

Pelaksanaan program tersebut, melibatkan personel Babinsa Koramil 01/Teluk Naga, Kelompok Tani setempat, masyarakat desa setempat dan penyuluh dari BPT Teluk Naga, Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang.

Sementara kegiatan panen hortikultura buah melon ini diadakan agar dapat dijadikan motivasi bagi petani untuk terus memaksimalkan lahan pertaniannya yang sudah disiapkan oleh Kodam Jaya.

“Harapan program ini terus berkesinambungan dan tidak berhenti, sehingga bermanfaat untuk kehidupan kelompok tani yang ada di wilayah Teluknaga Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang hadir langsung pada acara tersebut mengucapkan Alhamdulillah di tengah-tengah kondisi cuaca dan tantangan sosial ekonomi yang kita hadapi saat ini. Kita semua masih diberikan kesempatan untuk bisa melaksanakan panen raya hultikulturan di wilayah Kabupaten Tangerang.

"Saya ucapkan terima kasih serta apresiasi kepada segenap jajaran TNI dan semua pihak yang telah membina petani mengolah lahan yang tidak produktif menjadi produkti di wilayah Teluknaga Kabupaten Tangerang," ucap Zaki

Selain itu, kata Zaki yang menggenakan kaos berwarna unggu bertuliskan bersama lawan corona wilayah Utara Kabupaten Tangerang merupakan wilayah pesisir yang berpotensi dibidang pertanian holtikultura Pemkab Tangerang terus menggalakan ketahanan pangan yang merupakan fokus RPJMD Kabupaten Tangerang.

"Mudah-mudahan penen kita pada hari ini dapat menjadi inspirasi buat anak muda lainnya agar semangat berkebun dan bercocok tanam di wilayahnya masing masing," terang Zaki.

Pada acara tersebu hadir Dirjen Tanam Pangan Kementerian Pertanian RI DR. Ir. Suwandi, M.SC, Asterdamjaya Kol Inf Jacky Aristanto, Kepala Badan Penyuluh dan Pengembangan SDM Pertanian pada Kementerian Pertanian RI, Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, Danrem 05/Wijayakhrama, Kolonel Inf
Tri Budi Utomo, Dandim 0506 Tangerang. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments