Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Verifikasi Data Penerima Bantuan Covid-19, Pemkot Terjunkan 1.204 Pegawai

Dua petugas saat verikasi data di rumah warga.  
(Foto: Istimewa)



NET - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menerjunkan 1204 pegawai untuk membantu verifikasi data warga penerima bantuan  dampak Covid-19.

"Kurang lebih ada 1.204 pegawai yang kita wajibkan untuk melakukan pembinaan wilayah (Binwil). Mereka kita sebar di 104 kelurahan di Kota Tangerang," tutur Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tangerang Indri Astuti menjawab pertanyaan wartawan melalui sambungan telepon, Rabu (29/4/2020).

Dijelaskannya, para pegawai tersebut sebelumnya ditugaskan untuk menyosialisasikan penanganan Covid-19 kepada masyarakat termasuk menjadi pembina Kampung Siaga Covid-19 yang ada di 104 kelurahan di Kota Tangerang.

"Dari staf sampai esselon 2, terjun ke lapangan membantu penanganan Covid-19 di wilayah, termasuk memverifikasi data warga penerima bantuan," ucapnya.

Dan untuk membantu verifikasi data tersebut, kata Indri, Pemkot telah membuat aplikasi. Aplikasi tersebut menjadi bagian dari Aplikasi SiGacor (Aplikasi Siaga Cegah Corona) yang terlebih dahulu diluncurkan.

"Dinas Kominfo sudah bangun aplikasinya, dari kemarin sudah bisa dimanfaatkan oleh pegawai yang melakukan pembinaan wilayah dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM)," paparnya.

"Mereka bisa langsung verifikasi data penerima bantuan lewat aplikasi tersebut," imbuhnya.

Indri menerangkan ada beberapa fitur dalam aplikasi yang memudahkan PSM maupun ASN dalam mendata warga calon penerima bantuan. Di antaranya fitur identitas penerima yang sudah terintegrasi dengan data kependudukan dan fitur koordinat gps yang menunjukkan alamat penerima.

"Jadi enggak perlu input data lagi, tinggal masukin NIK (Nomor Induk Kepenududukan-re) nanti nama dan alamat langsung muncul. Kemudian upload foto KK (Kartu Keluarga-red) dan KTP (Kartu Tanda Penduduk-red) termasuk foto rumah calon penerima. Terus klik statusnya layak atau tidak layak menerima bantuan, terus tinggal upload semua datanya," terangnya.

Dengan aplikasi tersebut, jelas Indri, selain verifikasi semakin mudah juga bisa lebih akurat.

"Sehingga data penerima bantuan itu disajikan secara gamblang, by name by adress bahkan titik koordinatnya juga ada," imbuhnya. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments