Lawan Covid-19, BPBD Banten Lakukan Koordinasi Dengan BPBD Kabupaten Kota

Baca Juga

Petugas BPBD seusai melakukan
penyemprotan di sebuah masjid.
(Foto: Istimewa) 



NET - Gubernur Banten H. Wahidin Halim (WH) mengintruksikan seluruh jajaran dinas termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk melakukan penyemprotan disinfektan hingga pelosok kampung di kabupaten dan kota, Rabu (22/04/2020).

Kepala BPBD Provinsi Banten mengatakan telah melakukan penyemprotan sebanyak 1.236 titik yang tersebar di 8 kabupaten dan kota.

"Atas arahan Gubernur Banten, kami dari BPBD Provinsi Banten telah melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai tempat umum hingga pelosok kampong," ujar Nana.

"Penyemprotan dilakukan terdiri atas lingkungan perumahan, sekolah, pasar, terminal, pondok pesantren, masjid, mushola, dan kantor pemerintahan. Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran covid-19," ujarnya.

Selain itu, kata Nana, pun sebelumnya telah melakukan koordinasi dengan pihak kabupaten dan kota serta instansi terkait seperti halnya yang dilakukan saat penyemprotan disinfektan.

"Sebelumnya, kami berkoordinasi ketika melakukan penyemprotan dengan pihak kabupaten dan kota serta pihak terkait sebagai wujud menjegah virus covid - 19 ini," tutur Nana.

Mengenai penyemprotan di Terminal Pakupatan Kota Serang, Nana menjelaskan penyemprotan juga telah dilaksanakan oleh pihak terminal bekerjasama dengan PMI, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) dan instansi terkait melakukan penyemprotan.

"Terkait penyemprotan Terminal Pakupatan telah rutin dilakukan secara bersama-sama dengan instansi terkait termasuk dengan PMI (Palang Merah Indonesia-red), BPTD, Dinas Perhubungan, pihak terminal, dan instansi lainnya. Ke depan, kita akan lebih intensif melakukan kerjasama dalam
penanganan covid-19 ini," ujar Nana.

Berdasarkan data dari BPBD Banten penyemprotan telah dilakukan di 8 kabupaten dan kota di antaranya Kabupaten Lebak 108 titik, Kabupaten Pandeglang 184 titik, Kabupaten Serang 237 titik, Kota Serang 231 titik, Kota Cilegon 101 titik, Kabupaten Tangerang 150 titik, Kota Tangerang 121 titik, dan Kota Tangerang Selatan 106 titik.


Menurut BPBD Banten, penyemprotan akan terus dilakukan di beberapa titik untuk mencegah wabah virus corona di Banten. Pencegahan dan penanganan covid-19 perlu dilakukan bersama-sama oleh semua pihak agar wabah virus corona tidak mewabah secara luas. (*/pur)


Post a comment

0 Comments