Prajurit Kolinlamil Sukses Harumkan Nama Bangsa Di SEA Games

Baca Juga

Satya Wira Jala Dharma (kanan) 
meraih medali emas setelah menang.
(Foto: Istimewa)



NET -  Satya Wira Jala Dharma, prajurit Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) sukses mengharumkan nama bangsa dalam laga SEA Games ke-30 2019 di Manila, Filipina, Minggu (8/12/2019).

Ada empat prajurit Kolinlamil yang tergabung dalam kontingen dayung nasional berlaga pada ajang perhelatan olahraga negara Tingkat Asia Tenggara tersebut berhasil mencatat prestasi yang gemilang, Sertu Jas Rio Akbar,  Sertu Bah/W Ririn Puji Astuti, Serda ttu/w Ayuning Tika Vihari serta Serda ttg Mahendrayanto.

Pada pertandingan nomor Dragon Boat, Sertu Jas Rio Akbar dan Sertu Bah/W Ririn Puji Astuti berhasil meraih medali emas pada nomor Jarak 1000 meter 22 crew mix.  Dan  pada nomor Jarak 500 meter 22 crew mix mereka juga meraih medali perak dan Serda ttu/w Ayuning Tika Vihari turut pula dengan medali perak. Sedangkan pada nomor Jarak 200 meter 22 crew mix Sertu Jas Rio Akbar, Sertu Bah/W Ririn Puji Astuti dan Serda ttu/w Ayuning Tika Vihari juga berhasil meraih medali perak. Sementara pada nomor jarak 200 meter 4 crew women Sertu Bah/W Ririn Puji Astuti pun mendapatkan medali perak.

Lalu dalam pertandingan nomor Dayung Rowing Double Kelas Ringan Putra jarak 2000 meter Serda ttg Mahendrayanto meraih medali emas.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono mengungkapkan rasa bangganya kepada ke-4 prajurit Kolinlamil yang turut mengharumkan nama bangsa di kancah SEA Games.

“Ini bukti, hasil pembinaan personel yang dilakukan secara terus menerus. Kerja keras, disiplin, soliditas, dan pantang menyerah merupakan kunci utama yang harus dipegang teguh,” ujar Panglima dengan bangga.

Tim Atlet Dayung Kolinlamil yang dibentuk pada 1990 ini, telah banyak menorehkan prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional. Pada 2008, Tim Dayung Kolinlamil turut berlaga dalam ajang Asian Beach Games di Bali. Dalam kejuaraan ini, Tim Dayung Indonesia berhasil menjadi juara dan memperoleh medali emas.

Sedangkan dalam kejuaraan senior di Pekan Baru tahun 2010, Tim Dayung Kolinlamil yang berlaga dalam nomor Dayung Kayak 4 Putri untuk mewakili Tim Dayung DKI Jakarta pada kejuaraan dengan jarak 250 meter, berhasil menjadi juara dan memperoleh medali emas. Sedangkan untuk jarak 500 meter, Tim Dayung Kolinlamil berhasi meraih medali perak.

Prestasi tersebut berlanjut pada SEA Games 2011 dengan Indonesia sebagai tuan rumah dan berhasil merebut tiga medali perak dan satu perunggu.

Dalam Lomba Dayung Internasional Tanjung Pinang Dragon Boat Race tahun 2012, yang digelar di perairan laut Tanjung Pinang, Tim Dayung Kolinlamil berhasil menyabet dua medali emas pada nomor Kayak Single Putri dan Kayak Double Putri.

Pada 2017, atlet dayung Kolinlamil berhasil mengumpulkan emas dan perak dalam kejuaran yang berbeda. Pertama menyabet dua medali emas, satu perak, dan satu perunggu pada perlombaan HUT Kota Bekasi. Kedua pada 21 Mei 2017 berhasil membawa pulang dua emas dan satu perak dalam kejuaraan di Bali.

Dan baru-baru ini tim dayung Kolinlamil juga berhasil meraih prestasi gemilang dengan menjuarai nomor 800 meter antar satuan dalam kejuaraan Internasional Dragon Boat Festival 2018 di di Banjir Kanal GOR H Agus Salim, Padang, Sumatera Barat.

SEA Games ke-30 tahun 2019 ini dengan mengusung tema, "We Win as One." berlangsung di Filipina, Pembukaan resmi SEA Games 2019 digelar pada Sabtu malam, 30 November 2019. Sebelum dibuka secara resmi pertandingan sejumlah cabang olahraga  sudah digelar. Ajang olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut diikuti kontingen dari 11 negara anggota ASEAN, yakni Filipina, Indonesia, Malaysia, Thailand, Timor Leste, Myanmar, Brunei, Singapura, Kamboja, Laos dan Vietnam. Tercatat Penyelenggaraan SEA Games di Filipina pada 2019 adalah yang keempat kalinya. Sebelumnya, Filipina sudah pernah menjadi tuan rumah SEA Games pada 1981, 1991 dan 2005. (dade)


Post a comment

0 Comments