Lomba "Cakepin Bantaran Kali Aye", Kejar Kreatifitas Warga

Baca Juga


Walikota Tangerang Areif R. Wismansyah
menyaksikan hasil kreatifitas warga, indah.
(Foto: Istimewa) 


NET - Program Kampung Kita yang digelontorkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang selayaknya bukan hanya mengubah kampung menjadi lebih indah, cantik dan nyaman, namun juga mengubah peradaban dan gaya hidup masyarakat.

"Ini membentuk peradaban baru dan gaya hidup yaitu bersih dan sehat. Kalau bersih, tidak ada lagi yang nyuci (mencuci-red) di kali, buang air besar di kali, dan minum air kali," ucap Wali Kota Tangerang  Arief Wismansyah, saat menghadiri acara Penilaian Lomba "Cakepin Bantaran Kali Aye" di Bantaran Kali Jalan KH Kilin, Kelurahan Batujaya, Kecamatan Batuceper, Jum'at (20/12/2019).

Arief mengatakan penilain lomba tersebut adalah hasil tindak lanjut dari Forum Kota Tangerang Sehar (FKTS) yang mendorong masyarakat ikut menjaga dan melestarikan kali yang merupakan bagian dari irigasi Sungai Cisadane.

"Maka, saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat. Nanti mudah-mudahan bisa menjadi destinasi wisata kampung baru yang ada di Kota Tangerang," tutur Arief.

Mengingat bantaran kali yang menjadi sumber kehidupan warga, Pemkot Tangerang sedang menggagas Program MCK (mandi, cuci, dan kakus). Program ini nantinya membantu masyarakat kurang mampu, untuk memiliki MCK yang layak dan tidak merusak lingkungan tanpa dipungut biaya atau gratis.

"Kita sedang gagas Program MCK. Waktu itu, kita membangun MCK, tidak dipakai alasannya kudu bayar biaya kebersihan dan listriknya. Sekarang rencananya listrik dan airnya akan kita biayai, kami siap memfasilitasi kepentingan warga," paparnya.

Sementara itu, Camat Batuceper Nurhidayatullah menerangkan bebenah bantaran kali yang dilakukan warganya merupakan hasil swadaya masyarakat.

"Ini hasil kerja keras warga RW 05 dan 06, yang bersama FKTS bahu-membahu menata lingkungan. Ke depan sesuai arahan Walikota, kita akan bangun tidak hanya batarannya saja yang cakep tapi didorong ke dalam hingga gang-gang rumah warga dengan Program Dana Desa yang ada," tutur Nurhidayatullah.

Turut hadir dalam acar tersebut, Wakil Walikota Tangerang Sachrudin, Pj. Sekda Kota Tangerang Tatang Sutisna, Dandim 0506/Tgr Wisnu Kurniawan, dan Ketua Forum Kota Tangerang Sehat ( FKTS) Siti Rochayah. (*/rls)


Post a comment

0 Comments