Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kwarda Lakukan Pembinaan Pengurus Dan Pelatih Pramuka Se-Banten

Masduki menyerahkan pataka kepada
Asep Herman sebagai pelaksana kegiatan.
(Foto: Istimewa)



NET - Ratusan pengurus dan pelatih Pramuka tingkat ranting dan cababg se-Provinsi Banten mengikuti Kursus Sistem Administrasi Kwartir (Sismintir) 2019, di Gedung Pramuka Kwarda Banten, Jumat (11/10/2019). Para pengurus yang menjadi ujung tombak organisasi Gerakan Pramuka tersebut, mengikuti kegiatan ini selama tiga hari.

Ketua Kwarda Banten Mohammad Masduki menyebutkan kursus sebagai pembekalan bagi para pengurus di kecamatan dan kabupaten serta kota, agar memahami sistem adminstrasi dan pengelolaan  manajemen Gerakan Pramuka.

"Para pengurus harus memahami secara baik soal pelaporan administrasi. Paham juga soal bagaimana manajemen pengelolaan organisasi di masing masing tingkatan," ucap Masduki, Jumat (11/10/2019), di Kemang, Serang, Banten.

Menurut mantan Wakil Gubernur Banten itu, pengelolaan organisasi Gerakan Pramuka tidak pernah usang dimakan waktu, meski banyak yang menilai 'miring' bahwa pramuka sudah menjadi organisasi tua dan ketinggalan zaman.

"Pramuka punya pola administrasi dan penelolaan manajemen yang baik. Saya yakin tidak pernah akan ditinggalkan," tambah Masduki seraya menjelaskan manfaat dari kursus ini juga bisa diterapkan pada organisasi lain di luar pramuka.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kursus Asep Herman mengatakan kursus diikuti 160 pengurus dan pelatih Pramuka dari tingkat ranting dan cabang se-Provinsi Banten.

Selama pelatihan, peserta akan diberikan materi soal keorganisasian, pengadmistrasian kegiatan, pengelolaan manajemen, serta aneka games. "Supaya kegiatan tidak monoton dan peserta tidak jenuh, panitia memasukan unsur games yang dipertandingkan antar peserta," ucap Asep sambil menambahkan pada akhir pelatihan diharapkan para peserta mendapatkan manfaat ilmu yang bisa diterapkan di Pramuka maupun organisasi kemasyarakatan. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments