Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Penumpang Angkutan Laut Lebaran 2019 Diperkirakan Naik 4,8 Persen


Menhub Budi Karya Sumadi: memberikan 
pelayanan yang nyaman kepada penumpang. 
(Foto: Dade Fachri/TangerangNet.Com) 


NET – Kementerian Perhubungan memprediksi  penumpang menggunakan ankutan laut naik  4,80 persen pada Lebaran tahun ini yakni  sebanyak 1.918.182 orang. Hal ini berdasar dari data realisasi angkutan laut Lebaran pada 2018 adalah sebesar 1.830.289 orang,

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan guna menjamin keselamatan dan keamanan pelayaran pada masa Angkutan Laut Lebaran juga telah dilakukan uji petik kelaiklautan kapal penumpang di seluruh pelabuhan yang melayani angkutan penumpang.

Budi mengatakan untuk memudahkan dan mempercepat pelayanan dalam penyelenggaraan angkutan laut selama Lebaran, semua petugas baik di kantor pusat maupun di seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di daerah harus terus melakukan inspeksi dan pemantauan pelaksanaan angkutan Lebaran, baik secara langsung dengan terjun ke lapangan maupun melalui sistem informasi dan komunikasi.

"Semua ini dilakukan dengan tujuan untuk menjamin penyelenggaraan angkutan laut selama Lebaran 2019 dapat berjalan dengan aman, selamat, tertib, dan nyaman. Pada angkutan laut Lebaran tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah penumpang sekitar 4,80 persen dibandingkan dengan realisasi angkutan laut Lebaran tahun 2018," ungkap Budi, Selasa  (21/5/2019).

Sebelumnya,  Menhub Budi Karya Sumadi memimpin apel kesiapan angkutan laut Lebaran tahun 2019/1440 H di kawasan terminal penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Upacara itu sekaligus pembukaan posko angkutan laut Lebaran tahun ini yang bertujuan untuk memantapkan koordinasi antar petugas dan instansi terkait dan penyedia jasa maupun asosiasi yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan angkutan laut Lebaran.

"Masyarakat diharapkan dapat melakukan perjalanan mudiknya dengan aman, selamat, tertib, dan nyaman. Kepada segenap jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan semua pihak terkait yang telah mempersiapkan kegiatan Apel Kesiapan sekaligus Pembukaan Posko Angkutan Laut Lebaran 2019 lebih baik," kata Budi, Senin (20/5/2019), saat acara Kesiapan Angkutan Laut Lebaran 2019, di Pelabuhan Tanjung Priok.                                                   

Penyelenggaraan angkutan Lebaran yang setiap tahun dilaksanakan bertujuan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan mudik untuk merayakan Hari Raya Idhul Fitri atau Lebaran ke kampung halaman. Kementerian Perhubungan bertekad untuk terus menjamin penyelenggaraan angkutan Lebaran sebagaimana slogan mudik pada tahun 2019 yaitu "Mudik Bareng Asyik Lancar".                                                              "

"Untuk itu,  sesuai dengan tema tersebut maka dalam rangka untuk mewujudkan angkutan laut Lebaran tahun 2019 (1440 H) yang selamat dan aman diperlukan langkah-langkah untuk mendukung hal tersebut antara lain; melakukan koordinasi secara intensif dengan seluruh stakeholder dan semua yang terkait serta melakukan pembagian tugas sesuai dengan peran tanggung jawab masing-masing," ujarnya. (dade)

Post a Comment

0 Comments