Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Gubernur Imbau Masyarakat Malam Tahun Baru Dzikir Di Mesjid

Gubernur Banten H. Wahidin Halim 
(Foto: Istimewa) 


NET - Gubernur Banten H.  Wahidin Halim mengimbau agar seluruh masjid yang ada  di wilayah Provinsi Banten agar melaksanakan Shalat Ghoib dan berdzikir bersama, serta memanjatkan doa agar Banten selalu ada dalam keselamatan dan lindungan Allah SWT pada malam pergantian tahun 2019 Masehi.          

Kepala Bidang Aplikasi Informatika dan Komunikasi Publik, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Banten H. Amal Herawan Budhi, Senin (31/12/2018) menyebutkan hal itu tertuang dalam surat edaran Gubrnur Banten tentang  Pergantian Tahun Baru Masehi di Provinsi Banten. Surat edaran tersebut ditujukan kepada bupati dan walikota se-Provinsi Banten, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan biro Pemprov Banten, Pimpinan Lembaga/Organisasi Keagamaan.  Surat Edaran tersebut dikeluarkan dalam rangka memelihara ketentraman dan ketertiban dalam masyarakat.      
       
Adapun surat tersebut,  menyatakan imbauan untuk menjauhi dan tidak melakukan kegiatan apapun di sepanjang pantai dan mengisi malam pergantian tahun ini dengan kegiatan ibadah dan bagi yang beragama Islam agar diisi dengan kegiatan di masjid sekitar rumahnya, diisi dengan istighosah, berdzikir dan berdoa, serta melaksanakan shalat Ghoib bagi para korban Tsunami Selat Sunda.

Seperti diketahui dalam keterangan pers sebelumnya dijelaskan bahwa Gubernur dan seluruh pegawai Pemprov Banten awalnya akan melaksanakan Istighosah di tempat yang terkena bencana. Namun setelah beberapa tempat di  survey ternyata rata-rata lokasi dan fasilitas umum masih dalam kondisi pembenahan dan pembersihan sehingga  tidak memungkinkan untuk menggelar acara atau kegiatan yang melibatkan ribuan orang jamaah. 

Apalagi, kata Amal, akan dihadiri juga para pegawai Pemprov Banten yang mencapai lebih dari 4.000 orang. Untuk itu, pegawai pemprov Banten dan jamaah dari warga masyarakat akan difokuskan shalat ghoib dan dzikir bersama di Mesjid Raya Al-Bantani KP3B, Kota Serang dan diselenggarakan di Masjid-masjid sekitar wilayah yang terkena bencana. Oleh sebab itu Gubernur akan mengirimkan perwakilan pemprov dan meminta MUI di setiap daerah tersebut untuk memimpin doa dan dzikir di malam tahun baru ini.

Gubernur Banten mengharapkan agar  malam tahun baru di Banten  tidak ada hal yang kontras, sisi lain ada yang menderita karena bencana sisi lain ada yang berlebihan merayakannya. "Kita sedang prihatin atas kejadian musibah tsunami yang melanda pesisir Banten, tadinya saya ingin hadir di tengah-tengah masyarakat, tapi ternyata keadaannya belum memungkinkan. Kita doakan saja bersama-sama,” tandasnya.         

Dan atas kondisi keprihatinan akan bencana tsunami di Banten tersebut setiap Walikota dan Bupati di wilayah Prov Banten baik yang daerahnya terkena bencana maupun tidak, akan menyelenggarakan pula istighosah dan juga  telah mengedarkan surat himbauan dan mengajak kepada warga masyarakatnya yang beragama Islam agar melakukan istighosah, Shalat Ghoib dan berdoa bersama. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments