Akreditasi Sekolah Madrasah Dilaksanakan Akhir Agustus 2018

Baca Juga

Dalam satu lokasi ada sejumlah SD Negeri di Kelurahan
Panunggangan Utara, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang.
(Foto: Syafril Elain/TangerangNet.Com)   

NET – Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah dan Madrasah (SM) Provinsi Banten akan melakukan proses akreditasi ke sejumlah sekolah dan madrasah pada akhir Agustus sampai awal September 2018.

“Semula, kita akan melaksanakan proses akreditasi terhadap sekolah dan madrasah pada awal Agustus 2018. Namun karena ada perubahan sistem dari pusat (BAN SM Pusat-red) sehingga baru bisa akan dilaksanakan pada akhir Agustus 2018,” ujar Ketua BAN SM Provinsi Banten Fitri Hilmiyati kepada wartawan, Minggu (12/8/2018).

Fitri menjelaskan sebelum dilakukan visitasi (kunjungan-red) ke sekolah terlebih dahulu dilakukan serangkaian kegiatan. Berawal dari sekolah dan madrasah memasukan data melalui Sistem Pelayanan Akreditasi dan data dari sekolah madrasah tersebut divalidasi.

“Setelah itu, akan dilaksanakan pembekalan terhadap asesor pada 15 Agustus 2018 oleh BAN SM Provinsi Banten. Pembekalan terhadap asesor yang akan bertugas melakukan visitasi ke sekolah dan madrasah terutama yang menyangkut peran akreditasi, mekanisme, etika, dan Sispena,” urai Fitri sambil tersenyum.

Sementara itu, Sekretaris BAN SM Provinsi Banten Tatang Suharta mengatakan sebelum dilaksanakan akreditasi, BAN SM Provinsi Banten telah melakukan rapat Sabtu (11/8/2018) dihadiri oleh 14 anggota, dan seorang tidak hadir karena melaksanakan ibadah haji. Dalam rapat tersebut, BAN SM Provinsi Banten sepakat dilakukan pembekalan terhadap asesor.  Hal ini penting dilakukan agar asesor dalam melaksanakan tugas susai dengan aturan dan etika yang berlaku. Apalagi, pada 2018 ini banyak perubahan tentang pelaksanaan akreditasi.

“Dengan adanya pembekalan terhadap asesor sehinga sekolah dan madrasah akan lebih komunikatif. Ini penting menjadi perhatian kita sebagai anggota BAN SM Provinsi Banten agar dalam pelaksanaan akreditasi menjadi efektif dan efisien,” ucap Tatang. (ril)    



Post a Comment

0 Comments