HIV Meningkaat, Pemkot Tangerang Bentuk Tim Khusus Cegah HIV

Baca Juga

 Ilustrasi HIV.

NET - Jumlah warga Kota Tangerang yang terjangkit virus HIV hingga saat ini sudah tercatat sebanyak 1.361 orang. Karenanya, untuk mengantisipasi merebaknya penyakit tersebut, Pemerintah  Kota Tangerang  telah membentuk tim khusus di setiap kelurahan di Kota Tangerang yang berjuluk Ahlakul Kharimah tersebut.

"Pemda Kota Tangerang membentuk tim khusus ini dengan tujuan untuk mencari dan  mengobati mereka yang terjangkit HIV," ujar  Asda II Pemda Kota Tangerang, Muhtarom disela-sela acara Akselerasi Pokja Pencegahan dan Pengendalian HIV Aids di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (4/4/2018).

Muhtarom menjelaskan  mereka yang terjagkit HIV merasa malu, sehingga menjadi kendala Pemda Kota Tangerang untuk mengetahui sebenarnya. "Biasanya, mereka yang terjangkit HIV tidak terbuka," tuturMuhtarom.

Kerenanya, kata dia, pihaknya membentuk tim khusus untuk melakukan penelusuran tersebut. Selain diberi pengobatan dan pembinaan juga diberikan semangat untuk melanjutkan atau menjalankan akifitasnya.

Muhtarom menjelaskan masyarakat yang terjangkit Virus HIV itu  keberadaannya tersebar di Kota Tangerang. Dan yang paling banyak di Kecamatan Cipondoh. "Berdasarkan data yang ada, jumlah penderita HIV sebanyak 1.361 orang,"  kata dia.

Itu disebabkan, katanya, karena adanya penyimpangan seksual atau pergaulan bebas. Sehingga dengab mudah mebular, baik tingkat dewasa maupun anak-anak."Trend-nya tiap tahun terus meningkat,'' ujar Muhtarom.

Sementara itu Direktur Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, Anung Sugihantono menambahkan tim khusus atau Pokja pencegahan HIV Aids ini memang perlu dilakukan. Dengan melibatkan semua unsur baik itu di Bandara Soetta hingga wilayah yang berdekatan yakni Kota Tangerang.

"Ini dalam rangka untuk ikut serta melakukan sosialisasi," jelas Anung.

Dan Kampanye HIV Aids juga harus terus digaungkan. Dengan cara pemeriksaan gratis. "Upaya pencegahan ini dengan tujuan untuk mencegah penularan HIV dan mengobati mereka yang sedang terjangkit,"  katanya. (man)

Post a Comment

0 Comments