Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Dua Unit Kapal Pembersih Sampah Akan Beroperasi DKI Jakarta

Rizal Ariansyah dan Achmad Firdaus: menyerahkan kapal. 
(Foto: Dade Fachri/TangerangNet.Com)  

NET - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia II untuk menangani pembersihan dan pengangkutan sampah yang ada di areal danau maupun waduk. Kapal pembersih sampah tersebut direncanakan akan dialokasikan untuk mendukung kebersihan di Waduk Sunter Utara (Cincin), Kelurahan Papanggo dan Waduk Pluit di wilayah Kelurahan Pluit, dan Kelurahan Penjaringan.

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Hukum Indonesia Port Corporation (IPC) Rizal Ariansyah mengatakan kebersihan merupakan hal utama yang perlu diperhatikan dari sebuah lingkungan. Prinsipnya IPC siap membantu pelaksanaan program kebersihan di lingkungan DKI Jakarta, khususnya Jakarta Utara.

“Ini juga sebagai bentuk tanggung jawab sosial kami terhadap lingkungan sekitar perusahaan beroperasi,” kata Direktur SDM dan Hukum PT Pelindo II, Rizal Ariansyah, Kamis (5/7/2018).

Kapal Pembersih Sampah yang diberi nama Transformer dan Transformer 2 ini merupakan kapal yang diproduksi oleh IPC dan merupakan kapal pembersih sampah yang didesain khusus oleh IPC untuk dapat melakukan pembersihan perairan dengan draft dangkal.

"Kapal pembersih sampah ini juga telah melalui tahapan klasifikasi kapal dari Biro Klasifikasi Indonesia (BKI). IPC memberikan training dan familisasi kepada empat orang Anak Buah Kapal (ABK) untuk mengoperasikan kapal pembersih sampah tersebut," ujarnya.

IPC akan melakukan perawatan dan pemeliharaan kapal selama satu tahun serta akan mengurus pembuatan Grosse Akte kapal tersebut, Rp 6,65 miliar ini merupakan Automatic River Cleaning Boat yang penggunaannya untuk membersihkan sampah khusus di area.

Rizal mengungkapkan bantuan ini diharapkan dapat membantu penanganan kebersihan di wilayah DKI Jakarta khususnya di wilayah sekitar pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. "Semoga kerjasama kedua belah pihak antara IPC dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara menjadi awal yang baik dalam pengelolaan wilayah DKI Jakarta maupun Jakarta Utara," ungkap Rizal.

Penandatanganan Serah Terima oleh Direktur SDM dan Hukum IPC Rizal Ariansyah kepada Kepala Badan Pengelola Aset Daerah Provinsi DKI Jakarta Achmad Firdaus yang dilaksanakan di Gedung Dinas Teknis Badan Pengelola Aset Daerah Provinsi DKI Jakarta. (dade)

Post a Comment

0 Comments