Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Sambut HUT Ke-57, Panglima Kolinlamil Donor Darah

Panglima Kolinlamil Laksda TNI R. Achmad Rivai 
mengawali pelaksanaan donor. 
(Foto: Dade Fachri/TangerangNet.Com)    

NET - Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT-nya) yang ke -57 tahun pda 2018 menggelar bakti sosial donor darah untuk disumbangkan sebagai bantuan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis (28/6/2018).

Kegiatan sosial donor darah ini dimotori oleh Kepala Dinas Kesehatan Kolinlamil Letkol Laut (K) dokter Pujo Dwi Laksono, M. Kes, Sp.THT, dan terlaksana atas kerja sama Dinas Kesehatan Kolinlamil dengan Unit Transfusi darah PMI Jakarta Utara.

Para pendonor, selain berasal dari anggota militer dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kolinlamil ada yang datang dari instansi lain di antaranya Mabesal, Koarmada I, Seskoal, Pushidrosal, Polres Jakarta Utara, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Jakarta Utara.

Sebanyak 150 orang antusias datang mendaftarkan diri sebagai peserta untuk ikut menyumbangkan darahnya. Namun hanya 106 kantong darah yang memenuhi syarat untuk diambil yaitu 27 kantong darah golongan A, 30 kantong darah golongan B, 12 kantong darah golongan AB, dan 37 kantong darah golongan O.

Menurut Pujo, banyaknya peserta yang tidak dapat diambil darahnya oleh petugas, rata-rata sebabkan oleh tensi darah peserta yang masih tinggi dan HB darah yang tidak memenuhi syarat antara 13 sampai dengan 17 miligram persen.

"Melalui kegiatan ini diharapkan Kolinlamil turut serta membantu pemerintah melalui PMI terhadap ketersediaan darah, yang akan disalurkan ke rumah sakit untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” ujar Pujo.

Dalam kegiatan donor darah tersebut, Panglima Kolinlamil Laksda TNI R. Achmad Rivai mengawali sebagai pendonor pertama yang diikuti para Asisten Pangkolinlamil, Kadis/Kasatker, Komandan Satlinlamil Jakarta, serta dilanjutkan dengan para peserta lainnya. (dade)

Post a Comment

0 Comments