Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Menhub: Perketat Keamanan Bandara, Beri Rasa Aman Kepada Pengunjung

Menhub Budi Karya Sumadi saat berdialog dengan Polwan di Bandara.
(Foto: Istimewa)   

NET - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendadak melakukan inspeksi ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten pada Minggu (13/05/2018).  Ditemani Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin, Menteri meminta kepada seluruh aparat gabungan di setiap bandara untuk memperketat keamanan guna menjamin keamanan para pengguna jasa.

Menhub langsung mengecek Posko Keamanan dan turut melakukan randome check di area kedatangan Terminal 1. “Pengguna jasa harus diberikan rasa aman dengan kasih sayang, tetapi jika ada yang mencurigakan harus ditindak tegas,” ujar Menhub.

Setelah memberi arahan, Menhub langsung berkeliling bandara yang ikuti pihak kepolisian, mengecek mobil secara randome.

Mobil yang diberhentikan pun dengan sukarela mempersilakan bagasinya diperiksa. Setelah dicek, tidak ada barang mencurigakan di dalam mobil tersebut.  Sebanyak 4.020 personel gabungan yang terdiri atas unsur Polri, TNI, dan Aviation Security (Avsec) diterjunkan untuk meningkatkan keamanan di area Bandara Soekarno-Hatta.

Pengetatan keamanan tersebut terkait dengan peristiwa pengeboman yang terjadi di tiga Gereja di Surabaya.  Menhub pun sempat berkeliling ke Bandara Soekarno-Hatta dengan naik Kereta Layang (Skytrain). Menhub sempat bertanya kepada para penumpang mengenai peristiwa di Surabaya.
Di antara mereka yang ditanya Menhub mengetahui peristiwa tersebut. Namun, para penumpang Skytrain mengaku tidak khawatir.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menuturkan skema peningkatan pemeriksaan pengawasan juga sangatlah ketat di Bandara Soekarno-Hatta.  Pihaknya, tengah meningkatkan pelayanan kemananan dengan dibantu seluruh personel gabungan.

"Peningkatan pelayanan pemeriksaan pengawasan kami perketat. Randome check diintensifkan sampai dengan enam kali yang biasanya hanya empat kali," ujar Awaludin.

Penerapan skema keamanan tersebut juga diberlakukan pada seluruh bandara yang PT AP II.  "Ya mulai tadi pagi, saya sudah mengintruksikan seluruhnya ada 14 bandara yang kurang lebih skemanya sama, ada pengetatan, ada peningkatan randome chek hingga penebalan personel," tuturnya.

Sementara itu, Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta AKBP Viktor Togi Tambunan mengatakan akan melakukan pengamanan ekstra.

"Kita semua turut prihatin atas peristiwa di Surabaya. Kami meningkatkan pelayanan keamanan kegiatan selama ini baik berupa patroli gabungan hingga skala besar.  Mulai dari peningkatan penebalan keamanan. Bandara Soekarno-Hatta statusnya siaga satu," ujar Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta AKBP Viktor Togi Tambunan.

"Selama ini sudah jalan bantuan dari TNI, Polri dan Avsec untuk segera melakukan penambahan personel. Objek-objek vital juga telah dijaga ketat. Dan untuk hari ini ada dua ekor K-9 atau Anjing pelacak," ungkap Kapolres. (rls)



Post a Comment

0 Comments