Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PT IPC Group Terus Tingkatkan Pelayanan Demi Puaskan Pelanggan

 Direktur Utama IPC Elvyn G. Masassya (berdiri): pelayanan pengguna jasa. 
(Foto: Dade Fachri/tangerangnet..com)  

NET – Setiap pelabuhan dibawah pengoperasian PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC Group   melayani 24 jam dan 7 hari dalam seminggu. “Kami akan terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa dan stakeholders," ujar Direktur Utama IPC Elvyn G. Masassya, Senin (2/4/2018).

Hal itu dikatakan Elvyn saat sharing session dengan mengusung konsep Stakeholders Coffee Morning di Kantor Pusat IPC. Pada acara tersebut Direktur Utama IPC didampingi oleh Direksi IPC, para Jenderal Manajer, Direksi Anak Perusahaan IPC Group, dan dihadiri oleh instansi pelabuhan, asosiasi pengguna jasa, para pengguna jasa serta pelaku perbankan Pelabuhan Tanjung Priok.

“Kami memastikan terminal di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok akan selalu memberikan layanan terbaik, murah, cepat dan efisien kepada pengguna jasa, sehingga dapat memberi kepastian berusaha bagi pengguna jasa. Saya harap kegiatan ini dapat menjadi media untuk sinkronisasi seluruh tantangan dan peluang dalam mengawali tahun 2018 ini," ucap Elvyn G Masassya.

Dengan terselenggaranya kegiatan stakeholders coffee morning, kata Elvyn, IPC Group mendapatkan sejumlah respon masukan positif dari para stakeholders pelabuhan terkait pelayanan bongkar muat. Hal ini tentunya menjadi bahan evaluasi agar pelayanan yang diberikan oleh IPC Group dapat meningkat lebih baik lagi di masa mendatang serta berkomitmen untuk memenuhi ekspetasi pelanggannya

Menurut Elvyn, Stakeholders Coffee Morning merupakan agenda rutin perusahaan sebagai salah satu platform untuk menyatukan orientasi, meningkatkan penyelarasan serta mengoptimalkan kolaborasi dalam eksekusi bisnis kepelabuhanan di Pelabuhan Tanjung Priok.

Fokus Stakeholders Coffee Morning, kata Elvyn, kali ini adalah pada penguatan kekompakkan unsur-unsur pelabuhan agar dapat menangani tantangan dan peluang secara tepat, baik saat ini maupun di masa mendatang.

Dengan mengangkat tema “Sinergi Menuju Era Digital”, kegiatan ini diselenggarakan IPC guna menandai satu langkah konkret dalam mempererat silaturahmi antara IPC Group dengan para stakeholders. “Dengan adanya kegiatan sharing session ini IPC berharap dapat mendengarkan saran dan masukan pada ariara stakeholders guna meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa,” tutur Elvyn.

Manajemen IPC, imbuh Elvyn, sangat menyadari bahwa transparansi informasi serta kesepahaman bersama merupakan langkah awal dalam eksekusi bisnis kepelabuhanan serta menjadi poin penting dalam menjalankan bisnis kepelabuhanan yang kompetitif.

Elvyn menjelaskan IPC dalam upayanya menuju world class port telah mengaplikasikan digital port di masing-masing cabang pelabuhan dan anak perusahaan melalui berbagai sistem aplikasi online. Seluruh sistem berbasis online ini terhubung dengan system layanan tunggal berbasis internet atau INAPORTNET dan terintegrasi dengan sistem INSW (Indonesia National Single Window). Sistem online ini selain bertujuan untuk efisiensi juga dapat mengurangi pertemuan antara pengguna dan penyedia jasa.

Dalam pelayanan bongkar muat,  kata Elvyn, dengan diwujudkannya sistem Delivery Order (DO) Online, pengurusan dokumen hanya membutuhkan waktu satu hingga dua jam. Hal ini karena sistem tersebut memungkinkan cargo owner atau forwarder yang mewakili untuk melakukan order dari luar pelabuhan sehingga tidak perlu lagi datang ke kantor pelayaran untuk mengambil dokumen. Perbedaan signifikan dengan pola sebelumnya, yakni pola manual dijalankan dengan menggunakan tenaga kurir yang datang ke kantor pelayaran sehingga memerlukan waktu yang lebih panjang. (dade)


Post a Comment

0 Comments