Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pelabuhan Teluk Tapang Akan Dikelola Pemda Dan PT MTI

Kondisi terkini Pelabuhan Teluk Tapang: layani angkutan hasil bumi.
(Foto: Isi timewa)  

NET - PT Multi Terminal Indonesia (MTI) bersama perusahaan induknya, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), mengkaji rencana kerja sama pengelolaan Pelabuhan Teluk Tapang, Pasaman, dengan Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat.

"Rapat pembahasan kerja sama sudah digelar MTI dengan Pelindo II, Pemprov Sumbar, dan Kementerian ESDM di kantor Badan Pengembangan Daerah (Bapeda) Pasaman, Sumbar.Kementerian ESDM melalui Badan Litbang ESDM akan mengkaji rencana pembangunan energi listrik di pelabuhan tersebut," ujar Direktur Utama PT Multi Terminal Indonesia (MTI) Tony Hajar Andenoworih, Sabtu (10/3/2018). 

Tony mengatakan Pelabuhan Teluk Tapang berfungsi mengurai kepadatan bongkar muat di Pelabuhan Teluk Bayur, Padang, selain sebagai pelabuhan alternatif pengangkut hasil bumi di Pasaman. Akses jalan utama menuju Teluk Tapang perlu diperhatikan guna kelancaran distribusi logistik.

"Sebab jika akses jalan utama sudah bagus, pengelolaan pelabuhan tersebut akan berkembang. Potensi alam di sekitar Pelabuhan Teluk Tapang sangat besar, seperti CPO, bijih besi, peternakan, dan perikanan yang memungkinkan untuk pembangunan cold storage," ujarnya.

Sementara itu, Perwakilan dari Pelindo II Ratih Farini selaku VP Hubaga menjelaskan setelah menggelar diskusi dan kunjungan lapangan, pihaknya segera membuat studi kelayakan pengembangan bisnis pelabuhan itu melalui sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Semoga dengan bersinergi, semakin dirasakan BUMN hadir untuk negeri dan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.

"Untuk diketahui, MTI diamanatkan oleh Pelindo II untuk mengemban misi perluasan bisnis logistik di Sumatera Barat. Misi ini sejalan dengan pengembangan bisnis MTI dengan perluasan layanan logistik di berbagai daerah. Saat ini MTI sudah beroperasi di Palembang, Surabaya, Semarang, Banten dan Jakarta," ucap Ratih.

Ratih mengungkapkan MTI ditugaskan menjalankan program pemerintah lainnya, seperti tol laut dan Sentra Logistik Rumah Kita di Natuna. (dade)


Post a Comment

0 Comments