ads


PPID Provinsi Banten

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Baca Juga

Ketua Himpaudi Provinsi Banten Adde Rosi Khoerunnisa meninjau
Museum Negeri Banten beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)   
MASYARAKAT  Banten patut berbangga karena memiliki salah satu museum yang menyimpan banyak benda bersejarah dari jaman megalitikum hingga jaman kolonial.

Provinsi Banten adalah salah satu daerah yang memiliki kekayaan sejarah yang tak ternilai harganya, berbagai macam peninggalan masa lalu sejak jaman megalitik hingga kolonial banyak bertebaran di seluruh wilayah.

Bukan hanya peninggalan sejarah jaman kesultanan, Banten juga dianugerahi peninggalan sejarah masa Hindu, Budha, dan animisme.

Guna menjaga benda-benda peninggalan masa lalu tersebut, Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten membangun sebuah museum untuk melestarikan harta-harta tersebut.

Museum Negeri Banten adalah salah satu tempat yang dibangun untuk menyimpan koleksi benda-benda bernilai sejarah ini.

Dijelaskan Kabid Kebudayaan Provinsi Banten Ujang Rapiudin, Museum Negeri Banten kini tengah dibenahi dan ditata ulang agar lebih nyaman dan bernilai edukasi tinggi.

Selain penambahan koleksi, kata Ujang, Museum Negeri Banten juga akan dikembangkan menjadi salah satu museum dengan konsep digital.

"Digitalisasi ini tidak untuk menghilangkan benda-benda bersejarah berharga yang kini kita miliki tetapi hanya untuk menambah daya tarik agar lebih atraktif dan pengunjung bisa mempelajari lebih dalam sejarah yang ada di Provinsi Banten," ujar Ujang  saat ditemui di kantornya, Kamis (23/11/2017).

Konsep digital yang akan dikembangkan lebih ditekankan kepada visualisasi benda kepurbakalaan dan situs-situs cagar budaya yang ada di Provinsi Banten.

"Karena situs-situs ini sangat luas sekali dan itu tidak bisa kita simpan dimuseumkan.  Makanya, kita akan buat digital," imbuhnya.

Museum Negeri Banten dibangun di  bekas bangunan Pendopo Gubernur Banten pada 2013 silam.

Tujuan dari pendirian museum ini adalah sebagai wahana edukasi bagi masyarakat Banten untuk mempelajari sejarah dan kebudayaan yang dimiliki Provinsi Banten.

Menurut Ujang, Museum Banten ke depannya akan lebih dimaksimalkan fungsi, tata letak, dan koleksinya. Selain itu, juga berbagai fasilitas pendukung lain  tengah dipersiapkan Pemerintah Provinsi Banten.

"Sekarang, kita sedang melakukan rehabilitasi dan penataan bangunan di beberapa bagian, sebentar lagi selesai,"  pungkasnya. (Adv-10)

Tangerang NET

Berita Tangerang Untuk Dunia
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Masukkan Komentar

Ad Inside Post


Top