ads


PPID Provinsi Banten

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Baca Juga

Gubernur Banten H. Wahidin Halim pada peringatan Hari Perpustakaan
beberap waktu lalu di Dinas Perpustakaan Banten: bacalah.
(Foto: Syafril Elain, Tangerangnet.com)  
PEMERINTAH  Provinsi (Pemprov) Banten merencanakan membangun 1.000 perpustakaan yang akan disebar di seluruh wilayah yakni di delapan kabupaten  dan  kota. Pembangunan program yang akan mulai digulirkan pada  2018 mendatang ini dilaksanakan secara bertahap.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten Engkos Kosasih Samnhudi menyatakan pembangunan 1.000 perpustakaan tersebut sebagaimana yang telah diminta Gubernur Banten Wahidin Halim. Rencananya terealisasi pada tahun depan.

“Kami di Dindikbud Banten siap melaksanakan kebijakan Pemprov sesuai dengan program kerja 5 tahun ke depan. Pembangunan perpustakaan ini kan tujuannya agar masyarakat di Banten lebih pintar dan mendongkrak minat baca,” ungkap Engkos, Kamis (23/11/2017).

Menurutnya, untuk membangun perpustakaan dibutuhkan dana yang cukup besar. Diperkirakan, satu perpustakaan menghabiskan anggarakan sekitar Rp 100 juta. Itu pun hanya untuk pembangunan fisik, belum mencakup isi dan infrastruktur lainnya.

“Untuk membangun 1.000 perpustakaan dibutuhkan dana Rp 20 miliar. Satu perpustakaan Rp 100 juta, itu hanya pembangunan fisiknya saja,” imbuhnya.

Dana tersebut, sambung Engkos, selain alokasi dari APBD Banten juga bisa bekerjasama dengan pihak swasta. Sejauh ini, PT Angkasa Pura juga telah bersedia membantu melalui program CSR.

“Dindikbud  siap membantu pelatihan untuk membekali pengelola perpustakaan. Untuk membangun perpustakaan juga kan harus dilihat dari sarana prasarana, fasilitas dan pengelola, serta buku-buku pendukung lainnya. Kalau hanya gedungnya saja untuk apa,” ujarnya.

Ia mengungkapkan saat ini Banten memiliki 2.186 perpustakaan yang tersebar di delapan kabupaten dan kota. Rinciannya, perpustakaan desa sebanyak 380 unit, perpustakaan pesantren 43 unit, perpustakaan sekolah 1.697 unit, perpustakaan perguruan tinggi sebanyak 39 unit, dan perpustakaan khusus sebanyak 27 unit.

“Dengan jumlah sebanyak 2.186 perpustakaan yang ada, ditambah dengan 1.000 perpustakaan nanti, yang terpenting adalah sumber daya manusianya,” ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur Banten H. Wahidin Halim (WH) menyatakan akan membangun 1.000 perpustakaan yang akan disebar di wilayah Provinsi Banten. Hal tersebut sebagai salah satu upaya untuk mendongkrak minat baca masyarakat Banten.

“Saya punya semangat bangun 1.000 perpustakaan sampai ke desa-desa. Nanti masyarakat gemar membaca. Gerakan gemar membaca perlu digalakkan di lingkungan masyarakat,” katanya. (Adv-8)

Tangerang NET

Berita Tangerang Untuk Dunia
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Masukkan Komentar

Ad Inside Post


Top