Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tingkatkan Destinasi Wisata, Pemkot Tangerang Serius Libatkan UKM

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah dan pelaku UKM.
(Foto: Man Handoyo, Tangerangnet.com)  
NET - Guna mendukung konsep Visitable City  (kota yang dapat diakses-red), Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang  terus membranding Kota yang berjuluk Ahlakul Kharimah u tuk disulap menjadi destinasi (tujuan) wisata.

Mulai dari pembangunan taman tematik yang saat ini sudah ada 23 macam jenis,  pembangunan kampung wisata, Kampung Bekelir dan pelaksanaan Festival Cisadane sebagai promosikan berbagai potensi budaya dan aneka macam produk lokal Kota Tangerang.

Karenanya, kegiatan tersebut juga membutuhkan  keterlibatan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Untuk itu, Pemkot Tangerang melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan juga Dinas Koperasi  dan UKM mengumpulkan 400 pelaku UMKM dan UKM di Kota Tangerang guna untuk  mewujudkan konsep Kampung Wisata di masing-masing  wilayahnya di 13 kecamatan di Kota Tangerang.

"Kita ingin bangun Kampung Wisata di Kota Tangerang, dan itu memerlukan dukungan dari para pelaku UMKM, karena nanti ketika sudah jadi para pengunjung pasti ingin bawa oleh-oleh atau makanan yang jadi ciri khas masing-masing wilayah tersebut," ujar Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah, Selasa (1/8/2017).

Salah satu syarat untuk menjadikan lokasi tersebut sebagai Kampung Wisata, kata Walikota, tentunya kampung tersebut harus rapi, bersih, hijau, dan masyarakatnya kreatif. Dengan cara menonjolkan kekhasannya masing-masing.

'"Kita harap produk UKM ini bisa masuk ke kampung-kampung. Mengingat  produk ini basisnya adalah  home industri," ungkap Walikota seraya berharap agar UMKM dan UKM itu dapat meningkatkan kualitasnya, supaya  layak dijual untuk oleh-oleh para wisatawan yang datang ke Kota Tangerang.

Selain itu, dalam  kesempatan tersebut, Walikota juga membagikan 42 sertifikat halal kepada  42 pelaku UMKM di Kota Tangerang. Tujuannya tidak lain untuk jaminan hasil produksi mereka dalam pemasarannya. (man)


Post a Comment

0 Comments