ads


Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Baca Juga

Wakil Walikota H. Sachrudin ikut melaksanakan imunisasi  
terhadap seorang pelajar disambut senyuman.
(Foto: Man Handoyo, Tangerangnet.com)   
NET - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan mencanangkan kegiatan imunisasi Measles (Campak) dan Rubella (MR) yang merupakan langkah memutus transmisi penularan virus Campak dan Rubella.

Wakil Walikota Tangerang Sachrudin turut memantau proses pencanangan serta imunisasi di SMP Negeri 4 Kota Tangerang. Pelaksanaan kampanye dan introduksi Campak dan MR adalah program nasional untuk mencapai eliminasi campak dan pengendalian rubella pada tahun 2020.

Oleh karena itu, pencanangan hari ini adalah wujud nyata dukungan Pemkot Tangerang terhadap perwujudan Indonesia yang semakin sehat dan terbebas dari penyakit khususnya di Kota Tangerang. "Di suntik dulu ya, biar tambah sehat. Engga sakit", ucap Sachrudin kemarin.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi mengatakan, MR diberikan pada anak usia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Sifatnya wajib dan tidak memerlukan individual informed consent (pemberitahuan persetujuan pribadi).

Pemberian imunisasi tersebut, kata Liza, untuk meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap Campak dan Rubella secara cepat, menurunkan angka kesakitan Campak dan Rubella serta menurunkan angka kejadianCongenital Rubella Syndrome (CRS) 10-20 tahun yang akan datang. Yaitu, ketika penerima vaksin hari ini akan memasuki usia produktif.

“Idealnya, memang  untuk menurunkan angka kejadian CRS tahun depan.  Kita harus melakukan vaksinasi Rubella kepada wanita yang akan menikah tahun ini. Harapannya, jika mereka hamil sudah punya kekebalan terhadap virus rubella,” tutur Liza.

"Imunisasi  ini, upaya memutus transmisi penularan virus Campak dan Rubella," kata Kadis Kesehatan Kota Tangerang selepas memberikan imunisasi kepada salah seorang siswa.

Sebagaimana diketahui, Campak merupakan penyakit menular yang disebabkan virus dengan masa inkubasi 8-13 hari.  Gejalanya, yaitu demam, bercak kemerahan pada kulit disertai dengan batuk atau pilek.

Sementara itu, Rubella adalah penyakit akut dan ringan yang sering menginfeksi anak dan dewasa muda yang rentan. Penyakit ini bisa menular kepada wanita hamil dan membahayakan janinnya. (man)

Tangerang NET

Berita Tangerang Untuk Dunia
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Masukkan Komentar

Ad Inside Post


Top