Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Mendikbud: Hardiknas Mampu Hasilkan Anak Didik Berdaya Saing

Mendikbud Muhadjir Effendi: merata dan berkualitas.
(Foto: Istimewa)  
NET - Dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ingin agar terjadi percepatan pendidikan yang merata dan berkualitas di seluruh tanah air, sehingga mampu menghasilkan anak didik yang berdaya saing.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi mengatakan tema “Percepat pendidikan yang merata dan berkualitas” ini dipilih terkait erat dengan fenomena dunia yang berubah sangat cepat dan menuntut kualitas semakin tinggi. “Untuk itu, semua  merenungi dan mewujudkan hal itu bersama-sama," ujar Mendikbud kepada wartawan, Selasa (2/5/2017) di Jakarta.

Dengan begitu, kata Mendikbud, maka seluruh lapisan masyarakat akan dapat menjangkau layanan pendidikan yang berkualitas, pendidikan berkualitas yang merata, maka ikhtiar untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud. Selain itu, dalam setiap peringatan Hardiknas pihaknya tak lupa dengan sosok Ki Hadjar Dewantara. Peran “Bapak Pendidikan Nasional” tersebut sangat besar dalam merintis pendidikan.

"Baik berupa gagasan, pemikiran, maupun terawang masa depan. Oleh sebab itulah, gagasan dan pemikiran beliau tetap relevan dan menjadi acuan bagi pembangunan pendidikan nasional kita, gagasan pemikiran dan prinsip pendidikan Ki Hadjar Dewantara menjadi dasar acuan visi Presiden Joko Widodo dalam bidang pendidikan," ujarnya.

Sementara itu, dalam visi Presiden, kata Mendikbud, masa depan Indonesia sangat ditentukan generasi peserta didik berkarakter kuat, serta menguasai berbagai bidang keterampilan hidup, vokasi, dan profesi abad 21. Dalam rangka mewujudkan visi tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersiap melakukan reformasi pendidikan nasional baik pada tataran konseptual maupun manajerial.

Muhadjir mengatakan  saat ini sedang diupayakan agar karakter kembali menjadi pondasi dan ruh pendidikan nasional. Pembentukan karakter harus dimulai dan menjadi prioritas pada jenjang pendidikan dasar (basic education). Untuk jenjang pendidikan lebih lanjut harus kondusif bagi peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi dirinya semaksimal mungkin.

"Peserta didik agar membekali diri dengan keterampilan dan keahlian berdaya kompetisi tinggi. Hanya dengan karakter kuat dan kemampuan berdaya saing tinggi, peserta didik sanggup membawa Indonesia berdiri dengan tegak di antara bangsa maju lain di masa mendatang. Dengan demikian, keberadaan bangsa Indonesia di tengah bangsa lain menjadi lebih bermartabat, berdaulat, dan bermaslahat," ungkap Muhadjir.

Dalam reformasi pendidikan nasional ini, kata Mendikbud, kerja keras yang konstruktif penuh keikhlasan dan pengorbanan serta pengabdian tulus seluruh insan pendidikan di seluruh Indonesia amat diharapkan.

“Pada Hardiknas 2017 sekarang, mari kita singsingkan lengan baju untuk menggerakkan reformasi pendidikan nasional demi anak cucu,” ucap Mendikbud berharap. (dade)

Post a Comment

0 Comments