ads


Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Baca Juga

Arief R. Wismansyah makan bersama pegawai dan pejabat.
(Foto: Man Handoyo, Tangerangnet.com)  
NET - Walikota Tangerang Arief R Wismanyah meminta kepada lurah dan camat, agar selalu berkomunikasi dengan baik untuk mensinergikan semua potensi yang dimiliki oleh stakeholder pembangunan.

"Lurah dan camat sebagai kepanjangan tangan pemerintah harus punya strategi komunikasi pembangunan yang bagus untuk menggerakan masyarakat agar bisa terlibat dalam pembangunan," ujar  Walikota Arief R. Wismansyah saat membuka kegiatan Peningkatan Kapasitas Aparatur seluruh lurah dan camat se-Kota Tangerang di Caldera Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (27/4/2017).

Terkait pendekatan yang perlu dilakukan untuk membangun komunikasi yang efektif, lanjut Walikota, bisa dilaksanakan secara sederhana yaitu melalui kegiatan kerja bakti maupun sekadar ngopi bareng dengan masyarakat.

"Camat maupun lurah juga harus rajin turun ke lapangan, sehingga setiap persoalan yang dihadapi oleh masyarakatnya dapat ditangani secara tepat," kata dia.

Lebih gampang lagi, lanjut dia, lurah, camat, dan semua aparat harus bisa memberikan contoh kepada masyarakatnya. Karena bila tidak dapat  memberikan suri tauladan tentunya akan selalu tejadi  miskomunikasi.

Dan sebagai pelayan masyarakat, kata Walikota, aparat harus sering turun ke lapangan menyerap aspirasi masyarakat sambil mensosialisasikan program Pemerintah."Komunikasi dengan masyarakat itu banyak caranya, salah satunya melalui kerja bakti bareng," kata dia.

Karena dari situ akan tahu apa permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, sehingga bisa langsung mengambil kebijakan yang pas untuk menyelesaikan persoalan tersebut. "Tugas kita melakukan pembinaan kepada masyarakat, sehingga mereka bisa tergugah kesadarannya untuk bersama-sama membangun Kota Tangerang," tutur Arief.

Selain itu, Walikota  menekankan fungsi kontrol dari para lurah dan  camat untuk menyukseskan program dan kebijakan yang dilaksanakan oleh Pemkot Tangerang. "Berbagai program yang telah dibuat oleh Pemkot, semuanya bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Namun hal tersebut tidak akan terwujud bila tidak ada partisipasi dari masyarakatnya. Dan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, aparat harus menjalankan fungsi kontrol tersebut selain tentunya agar program tersebut bisa tepat sasaran," ujarnya.

Sementara itu, Asisten 1 Tata Pemerintahan Kota Tangerang Engkos Jarkasih menyampaikan bahwa kegiatan Peningkatan Kapasitas Aparatur ini memang ditujukan untuk meningkatkan efektifitas strategi komunikasi dalam menyukseskan program pembangunan yang telah dicanangkan.

"Dari situ, kita bisa belajar berinteraksi dan berkomunikasi secara baik dan benar. Sehingga selepas dari sini, kita bisa membangun komunikasi yang bagus dengan semua stakeholder yang pada akhirnya program pembangunan yang kita canangkan bisa dilaksanakan," tukasnya. (man)



Tangerang NET

Berita Tangerang Untuk Dunia
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Masukkan Komentar

Ad Inside Post


Top