Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pemkot Tangerang Lengkapi 15 Puskesmas Dengan UGD

UGD Puskesmas Karawaci Baru: sudah melayani pasien.
(Foto: Istimewa)  
NET - Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat, Pemerintah Kota Tangerang akan melengkapi 15 Puskesmas di wilayah  untuk memiliki pelayanan Unit Gawat Darurat (UGD).

''Pada tahun ini, dari 33 Puskesmas yang tersebar di Kota Tangerang, 15 di antaranya harus sudah dilengkapi dengan pelayann UGD," ujar Lisa Puspadewi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Banten, Kamis (6/4/2017).

Pasalnya, kata dia, keberadaan UGD, dapat melayani masyarakat selama 24 jam, sehingga siapa pun  yang sakit, setiap saat dapat ditangani di unit tersebut.  "UGD ini sifatnya penanganan awal yang harus diberikan dengan baik kepada pasien. Apabila dalam pelayanan tersebut pasien memerlukan perawatan lanjutan, bisa dirujuk ke rumah sakit dengan menggunakan ambulance yang tersedia," tutur Lisa.

Pada masing-masing Puskesmas itu, tambahnya, terdapat satu ambulance yang wajib mengantarkan pasien bila dibutuhkan, baik untuk dirujuk ke rumah sakit  maupun pulang ke rumah. Ditanya apakah dengan satu armada ambulan cukup, Lisa mengatakan cukup, karena ambulan itu bisa saling mengisi.

"Sampai saat ini, saya kira cukup. Sebab bila ambulance yang di Puskesmas satu dipakai, bisa memanfaatkan ambulance lain yang terdekat,” ujar dia.

Adapun 15 Puskesmas yang dilengkap dengan UGD yaitu, Puskesmas; Cipondoh, Gembor, Larangan Utara, Cibodasari, Karawaci Baru, Jatiuwung, Periuk Jaya, Tanah Tinggi, Kunciran, Gondrong, Kedaung Wetan, Penunggangan, Cikokol, Batu Ceper, dan Ciledug.

Adapun Puskesmas yang dilengkapi dengan pelayanan persalinan di Kota Tangerang sejak  2016 lalu, kata Lisa,  sebanyak tujuh Puskesmas yaitu, Puskesmas; Panunggangan,  Gembor, Cipondoh, Larangan Utara, Cibodasari, Karawaci Baru, dan Tanah Tinggi, sehingga memiliki ruang rawat inap.

"Tidak semua Puskesmas di Kota Tangerang memiliki pelayanan persalinan, karena area di sejumlah Puskesmas tersebut tidak memungkinkan untuk dikembangkan,” tutur Lisa.

Namun demikian, kata dia, pada  2017 ini, Pemda Kota Tangerang   akan  membangun lima Puskesmas rawat inap di Panunggangan, Poris Gaga, Kunciran, Periuk, dan Jatiuwung. "Untuk persiapan Puskesmas rawat inap ini, kami berencana merekrut sebanyak 28 tim medis. Dari jumlah tersebut, baru 11 orang yang memenuhi syarat," kata Lisa. (man)

Post a Comment

0 Comments