ads


Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Baca Juga

Ilustrasi Golok Day  
(Foto: Dinas Pariwisata Banten)  
Komitmen dalam melestarikan benda pusaka warisan leluhur terus dibuktikan oleh Pemerintah Provinsi Banten, salah satunya dengan mendukung penuh kegiatan Festival Golok Day yang diselenggarakan Pemeirntah Kota Cilegon ini. Festival Golok Day yang akan berlangsung tanggal 30 April 2017 ini merupakan upaya pemerintah Kota Cilegon dalam rangka melestarikan dan merayakan senjata tradisional khas Kota Cilegon. Tak hanya itu, event yang digadang-gadang akan menarik banyak wisatawan ini mampu mendongkrak potensi wisata budaya di Banten, terutama kota baja, Kota Cilegon.

Golok Day Festival II yang akan diselenggarakan pada 30 April 2017 mendatang, memiliki serangkaian kegiatan eksklusif seperti Seminar Golok, Coaching Clinic Pembuatan Senjata, Demo Penggunaan Senjata, Pawai Pendekar, Festival Pencak Silat Nusantara, Golok Day Award dan Pameran Pusaka Nusantara.

Ketua Pelaksana Golok Day 2017 Jamhari Sakti menjelaskan, acara yang masih dalam rangkaian HUT Kota Cilegon yang ke-18 ini merupakan upaya Pemerintah Kota Cilegon dalam menjaga kekhasan golok warisan dari leluhur masyarakat Banten. Sebelumnya, puluhan pendekar berziarah ke makam mantan orang nomor satu di Kota Cilegon Tb.Aat Syafaat (alm).

“Beliau merupakan pencetus Golok Day pertama.” kata Ketua Himpunan Pendekar Persilatan Banten (HPPB) ini.

Jamhari menjelaskan selain golok khas Banten seperti  golok Sulangkar peninggalan suku adat Baduy Kabupaten Lebak dan Ciomas Kabupaten Serang, bukan berarti hanya golok khas Cilegon saja yang akan dimunculkan dalam agenda kebudayaan tersebut, pihak panitia juga mengundang para perajin khas Banten Selatan dan Banten Utara.

Promosi Wisata Atraksi Budaya

Sebagai leading sector pariwisata di Provinsi Banten. Dinas Pariwisata Porvinsi Banten akan terus mendukung kegiatan atraksi budaya di Banten, salah satunya Golok Day. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan Golok Day merupakan kegiatan yang menjadi salah satu ikon yang dapat mengangkat potensi seni budaya dan pariwisata Kota Cilegon.

“Kita akan dukung kegiatan ini melalui promosi event di sosial media maupun cetak. Meski hajat Kota Cilegon, namun esensinya ini milik bersama. Kita berharap kegiatan ini juga dapat mendorong banyak wisatawan untuk datang pada acara tersebut,” katanya.

Terdapat beberapa rangkaian yang dilaksanakan dalam kegiatan golok day festival 2, seperti seminar golok yang akan menghadirkan para pemateri seperti Dr. Sumiarto Aji, dosen Sejarah Antropologi Universitas Indonesia (UI) yang secara khusus mempelajari mengenai sejarah golok di Indonesia, Master Pembuat Senjata Kang Aken Sutra Sukendar dari Indonesian Blade Community dan dari Kasepuhan Golok Ciomas.

Pada tahun sebelumnya, pelaksanaan kegiatan Festival Golok Day yang merupakan festival budaya dalam rangkaian HUT ke-17 Kota Cilegon telah berhasil mencatatkan rekor MURI dengan jumlah 1.100 pendekar. Selain berhasil mencatatkan rekor MURI, Festival Golok Day juga telah berhasil memperkenalkan “Golok Cilegon” buatan salah seorang pendekar di Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon. Dengan demikian, Provinsi Banten yang sebelumnya memiliki 2 jenis golok khas yang sangat terkenal di Indonesia, bahkan dunia yakni “Golok Ciomas” dan “Golok Cilangkahan” kini bertambah menjadi 3 dengan hadirnya “Golok Cilegon”. [Adv]

Tangerang NET

Berita Tangerang Untuk Dunia
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Masukkan Komentar

Ad Inside Post


Top