Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BPPT Dan KKP Kerjasama Teknologi Pengelolaan Sampah Laut

Unggul Priyanto dan Rifky Efendi Hardjanto dan pejabat
BPPT dan KKP: langkah awal tindak lanjut.
(Foto:  Dade, Tangerangnet.com)  
NET - Dalam rangka melaksanakan Pengkajian dan Penerapan Teknologi di Bidang Kelautan dan Perikanan, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Unggul Priyanto melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) dengan Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Rifky Efendi Hardijanto.

Kesepaktan Bersama dilaksanakan, Selasa (18/3/2017), di Ruang Rapat Ground Floor, Gedung Mina Bahari I, Kementerian KKP, Jalan Medan Merdeka Timur, No.16 Jakarta.

Unggul Priyanto  menyebutkan  beberapa kegiatan telah diinvestarisasi dan dikordinasikan oleh BPPT dan Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai langkah awal tindak lanjut kerjasama yakni Pengkajian dan Penerapan Teknologi di Bidang Kelautan dan Perikanan, Teknologi Pengelolaan Sampah Laut, Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Sarana dan Prasarana, Pemanfaatan Tenaga Ahli, dan Pertukaran Data dan Informasi.

MoU ini, kata Unggul, diharapkan dapat menjadi payung hitam kerjasama antara BPPT dan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang akan dilakukan secara lebih terstruktur, agar dapat lebih meningkatkan efektifitas dan produktivitas program kerjasama pada masa mendatang.

"Pada sektor perikanan budidaya, ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama antara Ditjen Perikanan Budidaya dengan Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi yang difokuskan pada Pengajian, Penerapan dan Pengembangan Teknologi Pembudidayaan Ikan untuk mendorong pengembangan pulau-pulau kecil khususnya di SKPT," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Rifky Efendi Hardijanto mengatakan pada sektor perikanan tangkap, kersama dilakukan antara Ditjen Perikanan Tangkap KKP dengan Deputi Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa yang difokuskan pada Pengkajian dan Perancangan Kapal Penangkap Ikan Ukuran 110 GT sampai dengan 130 GT.

"Selain itu juga dilakukan penandatanganan kerjasama oleh Ditjen Pengelolaan Ruang Laut KKP bersama Deputi Bidang Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam-BPPT tentang Pengelolaan Sampah Laut melalui teknologi pemanfaatan sampah laut sehingga bisa bernilai tambah bagi masyarakat," ungkap Rifky.

Sebelumnya, sejak 2013 KKP melalui Ditjen Perikanan Budidaya bersama BPPT  melakukan sinergi program pengembangan sektor Perikanan Budidaya, berupa pengelolaan induk ikan nila salina yaitu penerapan vaksin deoxyribose-nucleic acid (DNA) streptococcus pada ikan nila, aplikasi recombinant Growth Hormon (rGH) pada pakan mandiri untuk meningkatkan efisiensi pakan, pengembangan sex reversal pada udang galah jantan untuk menghasilkan udang galah betina (neofemale) menggunakan dsRNA MrIAG (makrobrachium insuline like Androgen Gland).

"Di sektor Perikanan Tangkap segera dilakukan, sejak Oktober 2016 telah dilakukan pembuatan desain dasar (basic design) dan pengujian model (model test) kapal penangkap ikan ukuran 110 GT sampai dengan 130 GT, sesuai konsep desain (conceptual design) dan desain awal (premilinary design). Selainjutnya, akan dilakukan pembuatan key plan atau key drwawings kapal penangkap ikan ukuran 110 GT sampai dengan 130 GT, dan standarisasi desain kapal penangkap ikan ukuran 110 GT sampai dengan 130 GT," katanya. (dade)

Post a Comment

0 Comments