Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Asphurindo Arahkan Semua Travel Haji Umroh Bersertifikat Syariah

Ketua MUI KH Ma'ruf Amin (berselayar) dengan para
peserta Munas Asphurindo.
(Foto: Dade, TangerangNet.Com)  
NET -  Akibat ratusan travel penyelenggara haji dan umroh  belum mengantongi sertifikat syariah, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Asosiasi Penyelenggara Haji Umroh dan Inbound Indonesia (Asphurindo) mengarahkan agar semua travel haji umroh memiliki sertifikat syariah yang direkomendasikan Dewan Syariah.

"Dari sekian banyak travel haji dan  umroh  hanya dua atau tiga travel saja yang sudah bersertifikat syariah. Kalau sudah syariah, dari sistem keuangan, pakaian maupun pemandunya sesuai syar'i. Munas Asphurindo ini diharapkan menjadi langkah agar travel haji dan umroh sesuai syar'i (aturan ajaran Islam),"  ujar Ketua MUI KH Ma'ruf Amin, Selasa (10/1//2017), saat acara Seminar dan Munas II Asphurindo, di Royal Tulip, Gunung Geulis, Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Nanti kalau regulasi atau undang-undangnya ada dan mewajibkan travel haji umroh memiliki sertifikat syariah maka wajib. Seperti juga produk makanan dan minuman.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Asphurindo H. Hafidz Taftazani menjelaskan Asphurindo merupakan mitra Kementerian Agama dalam meningkatkan kinerja dalam penyelenggaraan haji dan umroh. Apalagi dengan banyaknya penyelenggara yang menelantarkan umat, ini pekerjaan rumah yang akan digarap ke depan.

"Terkait masih banyaknya penyelenggara haji dan umroh yang nakal bahkan abal-abal, Asphurindo mengimbau agar masyarakat mengetahui perizinannya atau bisa membedakan mana yang asli dan bukan. Untuk membedakannya bisa dilihat juga dari tanda-tandanya. Kalau ongkos umroh dengan Rp14-16 juta mau dapat, dan untuk beli tiket saja tak selesai," ujar Hafidz.

Idealnya biaya umroh itu 1.700 dollar, yang ada sekarang itu gali lubang tutup lubang, dan orang yang sekarang diberangkatkan menggunakan uang orang yang akan datang (waiting list, red) namun begitu seterusnya. Biasanya sistem seperti ini delapan tahun sudah habis.

Munas II Asphurindo dari 9-11 Januari 2017 ini menghadirkan sejumlah narasumber. Di antaranya Menteri Pariwisata, Ketua Komisi X DPR RI, Ketua MUI, sejumlah gubernur dan wali kota, dan sejumlah manajer perusahaan dan organiasi kepariwisataan. (dade)

Post a Comment

0 Comments