ads


Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Baca Juga

Ilustrasi bentuk lain tipping box.
(Foto: Istimewa)  
NET - Setelah melakukan pendekatan ke PT Angkasa Pura (AP-II), selaku pengelola Bandara Soekarno Hatta (BSH), akhirnya Pemerintah Kota Tangerang berhasil memasang tipping box atau alat perekam setiap kendaraan yang masuk ke areal parkir di Bandara Internasional tersebut.

Tujuannya tidak lain untuk mengantisipasi kebocoran dari perolehan sektor pajak. "Sebanyak 20 tipping box sudah kami pasang di setiap  pintu  masuk  parkir yang ada di Terminal 1, 2, dan 3 Bandara Soeta," ujar Muhammad Arfan, Kabid Pajak Daerah dan Pendapatan lainnya pada Dinas Pengelola Keuangan Daerah (DPKD) Kota Tangerang, Banten, Senin (5/12/2016).

Dengan dipasangnya tipping box tersebut, kata Arpan, pihaknya bisa memantau langsung berapa jumlah kendaraan, baik roda dua maupun empat yang masuk ke areal bandara. Mengingat setiap kendaraan itu bisa di monitor secara Online dari kantor DPKAD.

"Jadi, tanpa harus datang ke lokasi, kami sudah bisa mengatahui  berapa jumlah dan siapa yang masuk ke areal parkir itu melalui alat monitor yang ada di kantor DPKD (Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah-red) Kota Tangerang, " ungkap Arpan.

Sehingga, katanya, mereka tidak bisa bohong berapa omset dan pajak yang harus disetorkan kepada  Pemkot Tangerang. Kebijakan  itu,   juga diberlakukan kepada perusahaan perusahaan lain yang bergerak di bidang perhotelan, mal dan restouran di Kota Tangerang. Dengan tujuan untuk mengantisipasi kebocoran perolehan pajak.

"Untuk tahun ini, dari 100 tipping box yang ditargetkan sudah terpasang pada 2017 nanti, baru 40 di antaranya yang sudah terpasang," ucap Arpan.

Selain itu,  kata Arpan, Pemkot Tangerang juga telah menerapkan sistem pembayaran pajak online, sehingga wajib pajak tidak perlu datang ke kantor Pemda untuk membayar pajak.

"Dulu caranya konvensional, sekarang wajib pajak bisa langsung input omzet pajaknya secara online. Terobosan ini selain untuk mendisiplinkan wajib pajak juga meningkatkan potensi pajak yang ada," kata dia.

Sementara itu, Manager Humas Kantor Cabang PT AP II BSH Prastyo Dewandono Nugroho membenarkan bahwa tipping box tersebut sudah terpasang di setiap pintu masuk areal parkir. Namun ketika ditanya, kenapa PT AP -II baru menyetujui atas pemasangan Tiping box tersebut, ia tidak bisa berkomentar. Alasannya kewenangan itu berada pada manager non-komersial PT AP –II  Achmad. (man)

Tangerang NET

Berita Tangerang Untuk Dunia
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Masukkan Komentar

Ad Inside Post


Top