ads


Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Baca Juga

Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi: tidak boleh luntur.
(Foto: Dade, TangerangNET.Com)  
NET - Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Edy Rahmayadi, mengatakan  sebagai generasi muda memiliki tugas serta tanggung jawab untuk menjaga dan membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (nkri) yang sangat dicintai ini, sebagai generasi muda  harus bisa memahami nilai-nilai kebangsaan.

Pangkostrad saat memberikan kuliah umum tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada Peserta Rapimnas Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dan Diklat Kader Angkatan Ke-III DPP BKPRMI yang diikuti 300 peserta dari seluruh Indonesia, Jumat (15/9/2016). Kuliah umum tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, dilaksanakan di Aula Graha Auditorium Wisma Kemenpora RI, Jalan Gerbang Pemuda No 3 Senayan, Jakarta Selatan.

Kepada para Peserta Rapimnas Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dan Diklat Kader Angkatan ke - III DPP BKPRMI, Pangkostrad mengatakan  pentingnya memiliki wawasan kebangsaan untuk mencapai tujuan Indonesia.

"Adapun tujuan Indonesia sesuai Pembukaan UUD 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, mensejahterakan bangsa, melindungi segenap bangsa, dan ikut serta dalam perdamaian dunia. Motivasi yang diberikan itu dibarengi dengan penayangan film singkat," ujarnya.

Oleh karena itu, kata Pangkostrad, nilai-nilai kebangsaan pada hakikatnya merupakan nilai yang disepakati dan dipandang baik melekat pada diri setiap warga negara Indonesia. Berupa norma dan etika kebaikan yang terkandung dan menjadi ciri kepribadian bangsa bersumber dari empat konsensus dasar bangsa, yakni nilai nilai Pancasila, UUD 1945, Negara kesatuan Ripublik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

Konsepsi kebangsaan harus terus ditumbuhkan pada masyarakat, bangsa, dan dikembangkan berstruktur, yaitu berturut- turut pada tingkat kesadarannya. Namun, pada kesempatan itu Pangkostrad membahas tentang kualitas sumber daya manusia (SDM) dan kemajuan bangsa.

Kemajuan bangsa pada masa depan, kata Pangkostrad,  ditentukan karena melimpahnya sumber daya alam (SDA). “Berbicara soal wawasan kebangsaan, sama saja membicarakan wawasan nusantara kita yang merupakan wawasan nasional,” tutur Pangkostrad.

Wawasan nasional Indonesia, imbuh Pangkostrad,  merupakan kristalisasi nilai-nilai luhur kehidupan bersama yang terbangun dalam konsep perikehidupan bangsa Indonesia. Namun juga memperkenalkan tentang wawasana nusantara, di antaranya ketahanan nasional, kewaspadaan nasional, manajemen nasional, dan pimpinan nasional.

Pangkostrad menjelaskan tentang PKI (Partai Komunis Indonesia-red)  yang mau merusak ideologi Indonesia, itu termasuk kewaspadaan  nasional. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua Umum BKPRMI bapak H. Said Aldi Al Idrus, SE,  Sekretaris Jenderal BKPRMI bapak H. Dindin Jamaludim, MM serta para Peserta Rapimnas BKPRMI dan Diklat Kader Angkatan ke - III DPP BKPRMI. (dade)


Tangerang NET

Berita Tangerang Untuk Dunia
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Masukkan Komentar

Ad Inside Post


Top