Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Banjir Bandang Garut Telan Korban 19 Jiwa, Kostrad Terjunkan Bantuan

Prajurit Kostrad ikut membersihkan lumpur longsoran.
(Foto: Dade, TangerangNET.Com) 
NET -  Di Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Rabu (21/9/2016, sekitar pukul 02:00 WIB terjadi bencana banjir bandang akibat hujan deras yang menyebabkan sungai Cimanuk meluap. Akibatnya, terjadi korban jiwa, ribuan rumah warga yang hanyut, rusak berat, dan ringan karena diterjang material longsor yang terbawa oleh aliran banjir.

Kapen Kostrad Letnan Kolonel Inf Agus Bhakti mengatakan wilayah banjir bandang tersebar sepanjang bantaran sungai Cimanuk sehingga  menggenangi Kampung Kikisik, Desa Sukakarya, Kecamatan Tarogong Kidul.

"Warga korban banjir dari Kampung Cimacan, Kampung Leuwi Daun, Kampung Suka Padang Bawah, Desa Haurpangggung, Desa Paminggir, Kecamatan Garut Kota, ditampung dan dirawat di Rumah Sakit Umum Garut dan Asrama korem 062/TN," ujar Agus Bhakti kepada wartawan, Rabu (21/9),  di Jakarta.

Data korban, sementara yang berhasil dihimpun oleh Pasukan Kostrad yang langsung terjun di lapangan 19 orang meninggal telah dievakuasi ke RS Tentara Guntur, korban luka berat 6 orang dievakuasi di RST Guntur, korban luka ringan 37 orang di Aula Makorem.

"Oleh karena itu, pengungsi 33 kepala keluarga (KK) di Aula Makorem dan korban hilang 39 orang. Kerugian materi, dan rumah perkampungan yang terendam sekitar 1.000 unit masih belum terdata  secara rinci  3 unit mobil hanyut. Ternak dan sawah belum teridentifikasi," ujarnya.

Kapen Kostrad Letnan Kolonel Inf Agus Bhakti menjelaskan Pasukan Kostrad yang ada pada jajaran Divisi Infanteri 1 Kostrad diberangkatkan dan disiagakan untuk membantu evakuasi banjir bandang di Garut, sementara sebanyak 3 Batalyon. "Terdiri atas Yonif Raider 303 Kostrad dengan kekuatan 107 orang dipimpin Danyonif, Letkol Inf Fransisco. Yonzipur 9Kostrad dengan kekuatan 128 orang dipimpin Danyon Zipur, Mayor Czi Abdillah Arif. Dan Yonkes 1 Kostrad," ungkapnya.

Selain Pasukan Kostrad juga mengirim bantuan berupa 7 NPS, 3 Dump Truck, 3 Ambulan. Alat berat 1 unit Excavator, 1 unit Louder, 1 unit Backhoe Loader, 1 unit Trailer. Perlengkapan 10 tenda peleton, 2 tenda komando, 5 tenda serbaguna, dan lain-lain. (dade)


Post a Comment

0 Comments