ads


Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Baca Juga

Lukmanul Hakim dan sejumlah direksi bank: tanda tangan.
(Foto: Dade, TangerangNET.Com)  
NET - Memasuki usianya ke-41 tahun, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyelenggarakan acara tasyakur sekaligus halal bihalal sekaligus meresmikan Islamic Development Fund MUI ([DF-MUI) yang dilakukan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (4/8)/2016).

Ketua Umum MUI DR. KH. Ma'ruf Amin mengatakan potensi zakat di Indonesia sangat besar, mencapai Rp.285 triliun. Namun dari potensi sebesar itu, yang berhasil dihimpun melalui lembaga yang ada, baru sekitar dua persen. "Oleh karena itu, MUI terpanggil untuk ikut bergerak menghimpun dana masyarakat, terutama setelah melihat donasi yang dihimpun sangat sedikit dari potensi yang ada," ujar KH Ma’ruf.

Sementara itu, dilatar belakangi hal tersebutlah MUI membentuk IDF-MUI yang merupakan lembaga yang dibentuk MUI untuk menghimpun dan mendistribuikan donasi masyarakat seperti zakat, infaq, dan sadakah untuk berbagai program terkait dengan kebutuhan umat. Pembentukan IDF-MUI didasarkan pada pertimbangan bahwa MUI melihat banyak program penting bagi umat Islam yang harus dilaksanakan.

Pada saat bersamaan dibutuhkan dana yang besar agar program tersebut dapat berjalan. Oleh karena itu, MUI mengambil peran ingin menghimpun dana masyarakat untuk masyarakat. "Melalui IDF-MUI diharapkan dapat dihimpun dana zakat, infaq, dan shadaqah dari berbagai kalangan yang kemudian digunakan untuk membangun kemandirian umat dan mewujudkan kesejahteraan bangsa,"  tutur Ma'ruf.

Sebagai langkah awal, pada acara tersebut IDF-MUI melakukan penandatanganan kerja sama dengan berbagai pihak. Penandatangana kerja sama dilakukan oleh Ketua IDF-MUI  Lukmanul Hakim dengan sejumlah lembaga keuangan syariah, antara lain Bank BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, Bank BNI Syariah, dan Bank Mega Syariah, serta dengan jaringan bisnis ritel TransMart Carrefour dan Restoran Solaria.

"Oleh karena itu, penandatanganan kerja sama antara IDF-MUI dengan lembaga keuangan syariah dan bisnls ritel, merupakan bukti komitmen awal untuk secara bersama-sama menggalang dana demi meningkatkan pemberdayaan ekonomi dan kemandirian umat," ungkap Ma'ruf. (dade)

Tangerang NET

Berita Tangerang Untuk Dunia
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Masukkan Komentar

Ad Inside Post


Top