ads


Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Baca Juga

Ilustrasi Logo Festival Cisadane 2016  
(Foto: Pemerintah Kota Tangerang)  
Festival Cisadane kembali hadir. Festival terbesar di Tangerang itu dijamin akan berlangsung lebih meriah dan semarak dibandingkan penyelenggaraan tahun sebelumnya.

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah mengungkapkan festival Cisadane tahun 2016 merupakan salah satu ajang mempromosikan Kota Tangerang di mata wisatawan. Festival ini juga dapat menjadi wahana bagi warga Kota Tangerang untuk menjaga silaturahmi di antara sesama warga.

“Kami juga akan mengundang daerah lain supaya turut berpartisipasi di dalam Festival Cisadane Tahun 2016. Tujuannya agar ada akulturasi budaya. Undangan yang diberikan disambut dengan baik. Salah satu daerah yang akan mengirimkan perwakilan budayanya adalah Papua. Mereka mengirimkan perwakilan untuk lomba perahu,”ungkap Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah.

Menurut Walikota Arief, Festival Cisadane juga menjadi wadah bagi Pemerintah Kota Tangerang untuk mendekatkan diri dengan masyarakatnya. Seluruh satuan kerja perangkat dinas (SKPD) akan memamerkan program unggulannya kepada masyarakat. Beberapa di antaranya akan membuka pelayanan khusus di Festival Cisadane seperti pelayanan Akta Sehari Jadi oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Masyarakat yang menghadiri Festival Cisadane juga bisa menyaksikan pameran usaha kecil dan menengah (UMKM). Sehingga, ada banyak keuntungan bagi masyarakat yang datang ke Festival Cisadane. Mereka bisa mendapatkan hiburan, mendapatkan pelayanan dan informasi seputar pemerintahan serta bisa berbelanja barang-barang yang dibutuhkan,” tandas Walikota.

Festival Cisadane Tahun 2016 akan dipusatkan di bantaran Sungai Cisadane, Kota Tangerang dengan mengambil tema Semarak Cisadane. Berbagai perlombaan dan pameran digelar pada festival yang berlangsung 30 Juli sampai 6 Agustus 2016. Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Tangerang selaku penyelenggara telah menyiapkan sejumlah pertunjukan pada acara pembukaan yang berlangsung di Jalan Benteng Jaya Kecamatan Tangerang, Sabtu, 30 Juli 2016.

Pengunjung dapat menyaksikan atraksi perahu layar, kolaborasi marching band, dan Gambang Kromong, penampilan Barongsai, Silat Beksi, Tari Nyimas Melati, Drama Kolosal hingga Parade Foto Hias.  

“Beragam acara di Festival Cisadane diharapkan menjadi hiburan bagi masyarakat Kota Tangerang dan sekaligus menarik wisatawan dari daerah lain datang ke Kota Tangerang,” kata Kadisporparekraf Kota Tangerang Raden Rina Hernaningsih.

Panitia Festival Cisadane menyiapkan sejumlah panggung untuk memudahkan pengunjung. Panggung pertama berada di Jalan Benteng Jaya. Sedangkan panggung kedua dipusatkan di kawasan Pasar Lama. Di kedua panggung tersebut, disiapkan banyak pertunjukan. Mulai dari tradisional hingga modern ditampilkan. Di antaranya Musik Akustik, Festival Band, Lomba Cisadane Idol, Pentas Komunitas Bujug Buneng, Beat Box, Hip Hop, Stand Up Comedy, pertunjukan teater dari Teater Cahaya UMT Sanggar Siti Hinggil hingga pagelaran Wayang Kulit.  Bagi penggemar memancing, Disporparekraf menyiapkan kegiatan penyebaran ikan di Sungai Cisadane diiringi  mancing bersama.

Sejumlah perlombaan perahu untuk memeriahkan Sungai Cisadane juga disiapkan. Perlombaan Dragon Boat (Perahu Naga) akan diikuti tim lokal Kota Tangerang Banten dan Banten.

“Lomba perahu itu sudah ada sejak lama dan tari tradisional yang kian surut peminatnya. Ini yang harus kita lestarikan sebagai aset Kota Tangerang agar tidak terjadi kepunahan,”imbuh Rina.

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah: ajang promosi.
(Foto: Pemerintah Kota Tangerang)  
Disporparekraf juga akan menghadirkan stand khusus UKM sebagai bentuk upaya pemberdayaan masyarakat yang menjalankan usaha. Tak ketinggalan, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Tangerang dan 13 Kecamatan turut memeriahkan Festival Cisadane.

“Nanti akan ada produk unggulan Kota Tangerang yang disajikan para UKM. Kalau SKPD dan Kecamatan mereka menginformasikan seputar pembangunan dan ada juga berbentuk pelayanan seperti Akta Sehari Jadi oleh Dukcapil dan lainnya,” imbuh mantan Kepala Inspektorat ini.

Rina berharap Festival Cisadane tahun 2016 dapat berjalan sukses dan lancar. Maka itu, diperlukan dukungan seluruh masyarakat Kota Tangerang. (adv)



Tangerang NET

Berita Tangerang Untuk Dunia
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Masukkan Komentar

Ad Inside Post


Top