ads


PPID Provinsi Banten

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Baca Juga

Mendirikan telur adalah salah keiatan perayaan Peh Cun.
(Foto: Istimewa)   
NET - Perayaan Peh Cun yang digelar di  bantaran Sungai Cisadane, Jalan Kali Pasir, Kota Tangerang, Banten, Kamis (9/6/2016) berlansung meriah. Ribuan warga Kota Tangerang tumpah ruah untuk menyaksikan   perayaan Peh Cun yang digelar satu tahun sekali oleh  warga China Tangerang (Cina Benteng) untuk menghormati salah seorang pemimpinnya,  Khut Gwan (Qu Yuan).

"Peh Cun ini, kami gelar setiap tahun. Tujuannya  untuk mengenang seorang  pemimpin di Tiongkok yang memilih bunuh diri dengan cara menceburkan diri ke sungai , daripada menjadi seorang penghianat," ujar Oey Tjin Eng, Humas Perkumpulan Keagamaan dan Sosial Boen Tek Bio kepada wartawan.

Perayaan Peh Cun itu digelar tiap tahun, kata Oey,  bukan sekadar ekspresi syukur atas kemajemukan, melainkan juga ajaran moral pada para pemimpin agar senantiasa membela kepentingan rakyatnya.
"Kegiatan ini selalu digelar  pada tanggal 5 bulan 5 penanggalan Imlek," ungkap Oey.

Adapun rangkaian dari kegiatan  Peh Cun itu, kata Oey, selain melakukan ritual, juga membuang  bacang bersama ke  dalam derasnya Sungai Cisdane dan  melempar bebek ke sungai tersebut untuk diperebutkan, serta  mendiirikan telor di sekitar bantaran sungai.

"Dulunya bacang ini  dibuang ke dasar sungai  dengan tujuan supaya perdana menteri yang terjun ke Sungai tidak dimakan oleh ikan,"  ucap Oey.

Sedangkan kegiatan lainnya hanya berupa kegiatan alam saja, seperti mendirikan telur. "Untuk kegiatan ini sebenarnya untuk memastkan  fenomena alam saja . Di mana posisi matahari berada pada titik kulminasi terdekat dengan bumi sehingga pengaruh gravitasi terhadap bumi lebih kuat," ujar Oey.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Kota Tangerang  Rina Hernaningsih mengatakan pihaknya sangat mendukung dilaksanakannya kegiatan Peh Cun di Kota Tangerang. "Ya kalau bisa kegiatan ini bisa disatukan dengan  festival Cisadane, Supaya lebih meriah dan dapat mengundang wisatawan luar negeri," ujar Rina. (man)

Tangerang NET

Berita Tangerang Untuk Dunia
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Masukkan Komentar

Ad Inside Post


Top