Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Digagalkan Penyelundupan Narkotika 33 Kg Dari Cina, Dalam Moulding

Barang bukti narkotika jenis sabu dan moulding
dari bahan  besi baja tebal.
(Foto: Dade, TangerangNET.Com)  
NET - Semakin gencar  penindakan narkotika oleh aparat penegak hukum tidak menghentikan langkah para gembong narkotika melancarkan aksinya. Mengatasi hal ini, Bea Cukai dan Badan Narkotika Nasional (BNN) semakin menunjukkan sinergi yang baik. Terbukti ketika Bea Cukai dan BNN kembali  membongkar kasus penyelundupan narkotika melalui jalur laut.
“Digagalkan pengiriman narkoitka jenis sabu yang dikemas dalam 3 buah kotak besi tebal (moulding baja stainless) seberat 800 Kg dari Cina," kata Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi, Kamis (23/6/2016), di Jakarta.
Selanjutnya tim gabungan melakukan control delivery hingga ke  sebuah gudang ekspedisi di kawasan Ancol, Jakarta Utara, yang digunakan sebagai tempat penyimpanan barang haram tersebut. Hasilnya, diamankan barang bukti berupa 33 Kg sabu.
Heru menjelaskan sebagai tindak lanjut kasus. barang bukti akan diserahkan kepada BNN untuk diproses lebih lanjut. Kasus ini melanggar pasal 114 ayat (2) dan pasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Narkotika No. 35 Tahun 2009 dengan ancaman maksimal hukuman mati atau penjara seumur hidup.
"Untuk diketahui, sepanjang tahun 2013 hingga 2015 Bea Cukai telah menindak 609 kasus penyelundupan Narkotika dan Psikotropika di seluruh Indonesia," ujarnya.
Oleh karena itu, jumlah barang bukti yang diamankan ialah sebesar 1.433.313,97 gram.  Atas hal ini 7,1 juta jiwa generasi muda Indonesia telah diselamatkan. Penggagalan penyelundupan sabu kali ini menambah panjang daftar penindakan Narkotika dan Psikotropika di tahun 2016,  hingga saat ini terdapat 141 kasus penyelundupan yang ditangani Bea Cukai. dengan barang bukti 342.849,02 gr dan telah selamatkan 1,7 juta jiwa generasi muda lndonesia.
Heru mengungkapkan sepanjang 2016, kasus penyelundupan terbanyak berhasil ditangani oleh Bea Cukai Batam dan Bea Cukai Soekarno Hatta,  berturut-turut terdapat 46 dan 32 kasus. "Namun, atas terbongkarnya penyelundupan 33 Kg sabu ini, Bea Cukai dan BNN berhasil menyelamatkan sekitar 165.000 jiwa generasi muda Indonesia," ungkapnya. (dade)

Post a Comment

0 Comments