ads


PPID Provinsi Banten

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Baca Juga

Ilustrasi ujian nasional 2016.
(Foto: Istimewa)  
NET - Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Nizam mengatakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang digadang-gadang minim kecurangan serta dinilai lebih efektif dan efisien masih mengalami berbagai kendala. Selain masalah teknis terkait server dan listrik, ditemukan juga beberapa foto soal UNBK yang tersebar di media sosial.

Segala hal yang menjadi kendala dalam UNBK akan dijadikan sebagai evaluasi untuk pelaksanaan UNBK tahun depan. "Namun, perlu diketahui UNBK sudah dari Sabang hingga Merauke, ini merupakan apresiasi kesungguhan dari sekolah, Pemda, guru, juga siswa," ujar Nizam kepada wartawan, Kamis (7/4/2016), di di Kantor Kemdikbud, Senayan, Jakarta.

Sementara itu, masalah terkait UNBK, lanjut Nizam, pihaknya selalu melakukan verifikasi dan validasi terlebih dahulu. Begitu sudah teridentifikasi baru dilemparkan ke pihak yang berwenang, dan seandainya terbukti tindak kriminal akan diserahkan ke polisi.

Nizam menjelaskan penting anak tidak terganggu dan diracuni dengan hal-hal yang tidak bertanggung jawab, foto soal-soal UNBK maupun UN berbasis kertas merupakan salah satu bentuk penyebaran dokumen negara. "Ke depan perlu ada pengaturan jadwal ujian antara UNBK dan UN PBT," ujarnya.

Oleh karena itu, kalau dokumen negara itu tidak boleh disebarkan sebelum dipublish hasilnya, jadi potret soal yang diupload juga termasuk pembocoran dokumen negara. Tetapi itu juga belum tentu bisa menguntungkan satu sama lain, dan ke depan mungkin jadwalnya tidak dibedakan, sehingga UNBK dan UN PBT bersamaan akan segera dikoordinasikan dengan BSNP.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Bawsdan mengatakan penyebaran foto soal UNBK tidak berdampak pada pelaksanaan UN. Sebab, dari segi soal juga berbeda, walaupun ada beberapa yang memang sama karena untuk variasi.

Namun, dilihat juga foto soal UNBK dan UN PBT itu waktu pemotretannya. "Karena jadwal ujiannya juga berbeda. Nah, ini ke depan bisa menjadi masukan untuk masalah jadwal," ungkap Anies. (dade)


Tangerang NET

Berita Tangerang Untuk Dunia
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Masukkan Komentar

Ad Inside Post


Top