ads


PPID Provinsi Banten

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Baca Juga

MCK yang selesai dibangun di Kecamatan Teluknaga,
Kabupaten Tangerang. (Foto: Istimewa)  
NET - Tangerang merupakan salah satu daerah  penyangga ibu kota Jakarta, yang secara geografis posisinya  bersanding  dengan ibu kota negara tersebut. Namun demikian, hingga kini  kehidupan masyarakat pribuminya masih "jorok" atau berperilaku tidak sehat.

Terbukti dengan masih banyaknya masyarakat setempat yang buang air sembarangan atau lebih  dikenal dengan istilah  dolbon (modol di kebon/buang air besar di kebon). Akibatnya, Pemda Kota dan Kabupaten Tangerang terus berupaya mengubah prilaku kurang sehat warganya dengan cara mendirikan fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK).

Sepanjang tahun 2015 ini saja, Pemda Kota Tangerang telah menyalurkan dananya sebesar Rp 5,76 miliar dari APBD Kota Tangerang  untuk pembangunan sedikitnya  1.692 MCK. Pembangunan MCK tersebut  dilakukan di 13 kecamatanan di Kota Tangerang.

"MCK itu dibangun di 104 kelurahan yang tersebar di 13 Kecamatan ," ujar Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Pemkot Tangerang Wahyudi Iskandar, Minggu (6/12/2015).

Sehingga, tambah Wahyudi,   setiap kelurahan atau kecamatan, jumlah pembangunan fasilitas MCK-nya  tidak sama, karena disesuaikan  dengan kebutuhan masyarakatnya.

"Jadi, pada masing-masing kelurahan itu, pembangunan MCK-nya ada yang satu, dua, bahkan ada juga yang lebih dari tiga karena disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat," ungkap  Kabag Humas.

Itu terjadi, kata Warhyudi,  karena pembangunan MCK  merupakan usulan dari Ketua RT, RW dan lurah di wilayah tersebut.  Jumlahnya tidak merata dan ditargetkan akhir tahun 2015 ini pembangunan fasilitas MCK itu sudah selesai, sehingga memasuki pada 2016 diharapkan tidak ada lagi masyarakat Kota Tangerang yang dolbon.

Sema halnya dengan Pemda Kabupaten Tangerang yang setiap tahunnya  berupaya mendirikan fasilitas MCK, karena prilaku masyarakatnya yang kurang sehat.  Bahkan Bupati Tangerang Achmed Zaki Iskandar beberapa waktu lalu pernah berjanji  memasuki  2016, Kabupaten Tangerang bebas  dari dolbon.

Seperti diketahui dari 29 kecamatan di Kabupaten Tangeranhg, yang prilaku masyarakatnya yang kurang sehat lebih banyak terjadi di lima kecamatan, seperti Balaraja, Jambe, Sepatan Timur, Jayanti, dan Sukadiri.  Akibatnya, di wilayah itu kerap terserang wabah penyakit mutaber. (man)

Tangerang NET

Berita Tangerang Untuk Dunia
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Masukkan Komentar

Ad Inside Post


Top