Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Atasi Banjir, Pemkot Tangerang Adakan Pelatihan

Wakil Walikota Sachrudin (kanan) bersama Dandim Tangerang
Letkol Inf. Achirudin, dan Kasatpol PP Mumung Nurwana.
(Foto: Istimewa)  
NET - Guna menghadap banjir pada  musim penghujan kali ini, Pemda Kota Tangerang  bekerja sama dengan Komando Distrik Militer 0506 Tangerang,  melalukan pelatihan teknis antisipasi bencana banjir di Bumi Perkemahan Rawa Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, Selasa (8/12/2015).

Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota Tangerang Sachrudin mengatakan berdasarkan data yang ada pada 2014 lalu, di Kota Tangerang tercatat sebanyak 30 titik daerah  banjir. Dari jumlah tersebut, 13 titik di antaranya sudah dibenahi dengan cara penurapan-penurapan aliran sungai.

“Ya meskipun jumlah titik banjir sudah upayakan berkurang, namun kami tetap berupaya mengantisipasinya," ujar  Sachrudin.

Persiapan itu dilakukan, kata Sachrudin, dengan cara menyediakan peralatan dan Standar Operating Procedure (SOP) dalam melakukan evakuasi terhadap korban sehingga pada saat bencana terjadi tidak menimbukan permasalahan.

“Pelatihan ini bukan main - main, ada SOP-nya, jangan sampai mengevakuasi orang tapi malah mencelakai orang yang kita bantu,” ucap Sachrudin.

Oleh karena itu, lanjut Sachrudin, pihaknya bekerja sama dengan Komando Distrik Militer 0506 Tagerang, melalukan pelatihan teknis antisipasi bencana. Tujuannya adalah menyamakan SOP dan meingkatkan kemampuan petugas, khususnya di jajaran Pemerintah Kota Tangerang.
 
Menyikapi hal itu,Komandan Kodim 0506 Letkol Inf Achirudin mengatakan  pelatihan penanganan banjir memang  sangat diperlukan.  Selain untuk mempersiapkan sumber daya manusianya (SDM) juga untuk memetakan kondisi banjir yang akan terjadi di Kota Tangerang sehingga dalam pelaksanaanya nanti lebih  matang.

Dan untuk menghadapi banjir kali ini, kata dia,  pihaknya telah mengerahkan sebanyak 50 persen kekuatan personilnya yang ada di jajaran Kodim 0506 dengan cara membagikan tugas ke setiap Koramil  di Kota Tangerang.

“Pengalaman tahun lalu  semuanya  dipusatkan di Kodim. Namun tahun ini kami sebar sebanyak 600 personil ke seluruh Koramil di Kota Tangerang, sehingga mereka bisa lebih cepat bergerak bila ada bencana yang datang secara tiba-tiba,” ucap Achirudin. (man)

Post a Comment

0 Comments