Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pomnas XIV di Aceh Rekatkan Persaudaraan Mahasiswa Capai Prestasi

Menteri Nasir pada pembukaan Pomnas: membentuk karakter.
(Foto: Dade, TangerangNET.Com)   
NET - Pekan Olahraga Nasional Mahasiswa (Pomnas) XIV kembali digelar tahun ini di Banda Aceh. Event dua tahunan ini dibuka oleh Menristekdikti Mohamad Nasir, di Stadion Prof.Dr. M. Ali Basyah Amin, MA Universitas Syiah Kuala pada  Sabtu, ( 14/11/2015). Tema yang diangkat pada Pomnas tahun ini adalah "Melalui Pomnas XIV Kita Rekatkan Persaudaraan dan Persatuan Mahasiswa Menuju Prestasi Tertinggi Olahraga di Forum Nasional dan Internasional".

Menristekdikti mengatakan olahraga sangat penting, bukan hanya karena dengan berolahraga dapat membuat jiwa dan badan menjadi sehat, namun dengan olahraga dapat membentuk karakter, menumbuhkan semangat juang, semangat untuk menang dan meraih prestasi yang terbaik serta membentuk  sportivitas dan jiwa kesatria.

"Terlebih lagi Pomnas ini adalah kegiatan olahraga antar-mahasiswa,  selain aspek olahraga, aspek pendidikan, dan pembelajaran harus menjadi tujuan dari kegiatan ini," ujar Nasir kepada wartawan, Sabtu (14/11/2015), di Jakarta.

Nasir menghimbau agar para peserta berjuang secara maksimal untuk meraih prestasi, dan belajar dari sesama atlet terkait kemampuan berolahraga maupun karakter positif dengan tetap menjaga sportivitas. "Pomnas kali ini adalah ajang seleksi untuk mencari calon atlet mahasiswa yang akan mewakili Indonesia di ASEAN University Games yang akan digelar di Singapura tahun depan," ujarnya.

Sementara itu, kegiatan Pomnas ke-14 ini diikuti lebih dari 2239 orang atlet mahasiswa dan 621 orang official dari 32 provinsi di Indonesia. Seluruh peserta akan memperebutkan medali pada empat belas cabang olahraga yang diperlombakan, yaitu atletik, bulutangkis, catur, karate, panahan, pencak silat, renang, tarung derajat, tenis lapangan, tenis meja, bola voli putra/putri, bola basket putra/putri, sepak takraw, dan futsal. Pomnas XIV akan digelar sampai pada 21 Nopember  2015 dan akan ditutup oleh Menteri Pemuda dan Olahraga.

Dalam pembukaan Pomnas XIV tersebut hadir Gubernur Aceh Zaini Abdullah, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Agus Kriswanto, Rektor Unsyiah Samsul Rizal, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Intan Ahmad, Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Muhammad Dimyati, serta Direktur Kemahasiswaan Didin Wahidin. (dade)

Post a Comment

0 Comments