ads


PPID Provinsi Banten

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Baca Juga

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah: sidak pembangunan.
(Foto: Bappeda)
NET- Pemerintah Kota Tangerang dalam  meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakatnya, kini berupaya melibatkan masyarakatnya ikut dalam program pembangunan daerah. Program tersebut Tangerang Berbenah, yang merupakan salah satu dari beberapa program pembangunan Pemkot Tangerang .

Dalam program  Tangerang Berbenah  disebutkan ada  5 lingkup kegiatan utama yang menjadi fokus kegiatan, yakni pembangunan  penerangan jalan umum (PJU), jalan lingkungan, drainase, bedah rumah dan pembangunan sarana sanitasi (MCK), yang  dilaksanakan oleh pemerintah daerah berdasar usulan  dari maysrakat yang  membutuhkannya.

Program pembangunan itu  dimulai  dari  usulan masyarakat, yang  selanjutnya  diproses melalui  tahapan musyawarah pembangunan (Musrembang), baik di tingkat  keluarhan, kecamatan maupun tingkat Kota Tangerang.

Kelembagaan yang  ditetapkan oleh program Tangerang Berbenah,   untuk tingkat kelurahan bisa melalui organisasi lurah, Badan Keswadayaan Masyarakat dan Kelompok Swadaya Masyarakat. Untuk tingkat  kecamatan bisa melalui organisasi Camat dan PJOK Kecamatan. Sedangkan untuk tingkat Kota Tangerang  melalui organisasi Tim Koordnisai Penanggulangan Kemisikinan Daerah (TKPKD ), Tim Teknis/Pengendali program Tangerang Berbenah tingkat Kota dan bisa juga melalui organisasi fasilitator program Tangerang Berbenah.

Di Kota Tangerang  masih banyak daerah/wilayah yang masih  membutuhkan sarana-prasarana  tersebut, baik  sanitasi (MCK), rumah layak tinggal, jalan lingkungan maupun  drainase yang layak bebas banjir. Dengan program Tangerang Berbenah itulah diharapkan nantinya akan bisa ditanggulangi permasalahan masyarakat oleh pemerintahnya  tahap demi tahap.

Warga terlibat langsung dalam mempercantik keindahan kota.
(Foto: Bappeda)
Menurut Kepala Badan Perencana Pembangunan Derah (BAPPEDA) Kota Tangerang,  Said Endrawiyanto, pada TA 2015 Pemkot Tangerang telah menargetkan  pembangunan sanitasi/MCK di beberapa wilayah  sedikitnya 1.600 jamban. Di samping itu, juga  ditargetkan dibangun rumah layak huni (Bedah Rumah )  sekurang-kurangnya 1.000 unit serta penerangan jalan umum (PJU)  yang masing-masing kelurahan sebanyak 100 PJU.

“Program Tangerang Berbenah ini  sudah kami mulai dari sekarang pelaksanaannya dengan cara melakukan pembangunan  bedah rumah ,membuat  MCK/jamban serta menyediakan sarana  Penerangan Jalan umum (PJU) pada masing-masing kelurahan minimal 100 PJU,” ujar  Said menjelaskan.

Lanjutnya, kata Ketua BAPPEDA Kota Tangerang itu, bahkan pada tahun anggaran/TA  2016 Pemkot telah menyediakan anggaran pembangunan  untuk masing-masing kelurahan  minimal sebesar Rp 1 milaar. Untuk tingkat  kecamatan minimal  Rp 5 miliar. Usulan  pembangunan itu,  kata Said, bisa ditambah lagi kalau programnya  banyak sesuai kebutuhkan wilayah. Jadi itulah yang dikehendaki Pemkot Tangerang dengan ikut sertanya peran masyarakat dalam program Tangerang Berbenah ,” kata Ketua BAPPEDA Kota Tangerang itu.

Walikota Arief berbaur dengan warga mempercantik kota.
(Foto: Bappeda)  
Maksud   dan tujuan  Tangerang Berbenah, pertama  meningkatkan peran serta masyarakat, terutama kelompok miskin dan perempuan dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan keberlanjutan pembangunan, Kedua melembagakan system pengelolaan pembangunan partisipasif dengan mendayagunakan potensi dan sumberdaya lokal.

Ketiga, mengembangkan kapasitas kelembagaan dan kesewadayaan masyarakat dalam memfasilitasi pengelolaan pembangunan yang berkelanjutan. Keempat mempercepat ketersediaan infrastruktur yang diperioritaskan dan dibutuhkan masyarakat Kota Tangerang. (Adv)

Tangerang NET

Berita Tangerang Untuk Dunia
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Masukkan Komentar

Ad Inside Post


Top