Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

“Kibar” Galang Hidupkan Kembali Gotong-Royong Antara Partai dan Relawan

Wiranto dan pengurus Kibar saat jumpa pers.
(Foto: Dade, TangerangNET.Com)  
NET -  Saat Pemilihan Umum (Pemilu) atau  Pemilu Kepala Daerah (Pilkada), Joko Widodo sangat menekankan gotong-royong antara partai dan relawan. Kalau relawan dan patai "kreek", kita pasti menang, demikian Jokowi berulang-ulang. Namun, semua teriak ke Pemerintah pusat atau Presiden. Apa seperti ini model Indonesia menghadapi masalah berat bangsa? Tentu tidak!

Ketua Dewan Pendiri Kibar Toto Dirgantoro mengatakan Pemilu sudah lewat. Pemerintah yang sah sudah bekerja. Saatnya, masyarakat madani juga berkonsolidasi, dan "kreek" dengan Pemerintah.

"Kita perlu hidupkan gotong-royong. Masalah ekonomi yang merata pertumbuhannya, memerlukan "kreek" antara Pemerintah pusat/daerah dengan masyarakat," ujar Toto kepada wartawan, Rabu (28/10/2015), saat "Deklarasi LSM Koalisi Bersama Rakyat Kibar", di Gedung Olah Raga Balai Rakyat Rawamangun Jalan Pemuda, Jakarta Timur.

Oleh karena itu, kata Toto, masalah asap misalnya, ada partisipasi yang hilang di masyarakat. Gotong-royong antara warga, kurang terlihat. Padahal solusi terbaik adalah penjagaan oleh warga itu sendiri. Hal terakhir inilah yang  coba diretas oleh Kibar, sehingga desa dan pesisir harus memiliki kelembagaan gotong- royong dan teknologi tepat guna.

Dia menjelaskan satu daerah yang berhasil, dapat dibagi agar menyebar ke seluruh Indonesia. Awal berdirinya, setelah Deklarasi, Kibar akan fokus membuat pemetaan sunbet daya teknologi dan kelembagaan serta membangun jaringan struktural hingga ke provinsi dan kabupaten/kota.

“Alhamdulillah, setelah deklarasi hari ini, lebih dari 20 DPD (Dewan Pimpinan Daerah-red) provinsi siap dibentuk dan 169 DPD kabupaten/kota akan berdiri.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Kibar Wiranto menjelaskan  Kibar diharap dapat menjadi semangat juang serta pelopor dalam perannya membangun Indonesia.

Kibar, kata Wiranto, diharapkan dapat memperkuat daerah pesisir diberbagai bidang. Namun, mantan Panglima TNI jaga kerukunan nasional serta junjung tinggi dalam kerangka negara kesatuan. Menampik kalau dibentuknya LSM Kibar merupakan organisasi sebagai sayap dari partai Hanura. "Bukan, Kibar  multi partai, multi etnis dan satu bangsa," ujar Wiranto. (dade)

Post a Comment

0 Comments