ads


PPID Provinsi Banten

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Baca Juga

Anak jalanan saat mendapat pelajaran tentang Pancasila
(Foto: Istimewa)
NET - Pemahaman Pancasila di masyarakat saat ini sudah mulai pudar. Pada Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ini, sekelompok mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Administrasi Negara UNIS Tangerang (Himanis) memberikan pendidikan Pancasila kepada anak jalanan yang berlokasi di Taman Skate Board Kota Tangerang, Sabtu (2/5/2015).

Ketua Himpunan Mahasiswa Administrasi Negara UNIS Aqmal Fanani mengatakan dasar negara Indonesia adalah Pancasila. Indonesia memiliki budaya, hukum, kebiasaan, bahasa, adat istiadat yang beraneka ragam.  Namun semua itu kini hanya digunakan sebagai label saja.

"Hal ini dapat dilihat dalam sifat, sikap dan tindakan mereka. Pancasila tidak hanya dijadikan retorika dalam kehidupan. Tiap isi dari butir-butir dan nilai di dalam Pancasila mengandung suatu sikap dan perintah yang sangat nyata untuk kita patuhi dan kita laksanakan,"  tutur  Aqmal.

Aqmal menjelaskan anak jalanan sebagai salah satu target dalam pendidikan Pancasila ini. Menurutnya, anak jalanan juga berhak mendapatkan pendidikan Pancasila. Selama ini pihaknya melihat bahwa anak jalanan kurang mendapat perhatian, baik dalam pendidikan umum maupun khusus, terlebih pendidikan Pancasila.

"Untuk anak lain masih memiliki kesempatan mengeyam pendidikan Pancasila di bangku sekolah, tapi bagaimana dengan anak jalanan? Mereka juga punya hak akan pendidikan. Maka dengan merefleksi Hardiknas, kami memiliki perhatian lebih terhadap anak jalanan yang selalu dipandang sebelah mata," paparnya.

Ketua pelaksana yang juga Kabid Pendidikan Himanis Tiba Yuda Laksana menambahkan pendidikan terhadap anak  jalanan juga sebagai pembelajaran sosial bagi anggota Himanis bahwasanya ketika kelak mendapat amanah rakyat sebagai penyelenggara negara, dapat peka akan amanat penderitaan rakyat.

"Dengan begitu nanti dapat mengerti apa yang dibutuhkan rakyat tanpa harus berteriak, menangis bahkan menjahit mulutnya dalam kefrustasian," tambahnya.  (ril)

Tangerang NET

Berita Tangerang Untuk Dunia
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Masukkan Komentar

Ad Inside Post


Top