ads


PPID Provinsi Banten

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Baca Juga

Warga bersemangat memacu perahu pada saat festival.
  (Foto: Dinas Infokom)
Festival Cisadane 2015 tampil lebih bersemangat. Pemerintah Kota Tangerang akan memanjakan pengunjung festival tahunan ini dengan beragam kegiatan istimewa. Salah satunya dengan menampilkan parade 100 perahu dalam acara pembukaan Festival Cisadane, Sabtu 23 Mei 2015 pukul 15.00.
Walikota Tangerang H Arief R Wismansyah akan melepas langsung parade 100 perahu di Sungai Cisadane. Pawai perahu dimulai dari belakang panggung utama di Jl Benteng Jaya menuju jembatan Jl Merdeka. Berbagai jenis perahu mengikuti parade ini diantaranya perahu naga, perahu kano, perahu kole, perahu cacing, getek hias, perahu layar, perahu karet dan perahu aluminium milik BPBD Kota Tangerang.
Perahu-perahu yang ikut parade akan dihias sehingga menarik dilihat warga. Setiap perahu akan tampil dengan tema masing–masing diantaranya tema adat Jawa, Sunda, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Papua. Nantinya, 60 perahu cacing membentuk formasi masing-masing formasi 10 perahu baris.
“Kami berharap masyarakat Kota Tangerang maupun wisatawan yang datang dapat menikmati parade 100 perahu dalam Festival Cisadane. Parade 100 perahu dalam Festival Cisadane kami selenggarakan untuk menarik wisatawan.  Tahun depan, kami adakan dengan lebih besar yakni dengan mengundang peserta se Asia Tenggara,”ujar Walikota Arief R Wismansyah.
Festival Cisadane diselenggarakan selama 8 hari, 23-30 Mei 2015 di bantaran Sungai Cisadane, tepatnya di jalan Benteng Jaya, belakang Mal Plaza Tangerang serta di Jl Berhias, kawasan Pasar Baru. Kegiatan ini diyakini mampu menyedot puluhan ribu pengunjung, baik warga Kota Tangerang maupun wisatawan luar daerah.
Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, Ekonomi Kreatif (Disporparekraf) Kota Tangerang Hj R Rina Hernaningsih mengungkapkan selain parade 100 perahu, beberapa kegiatan lain akan digelar dalam festival ini. Di antaranya pagelaran budaya, atraksi kesenian, hiburan rakyat, pameran pembangunan dan produksi dan ragam lomba.
Khusus lomba, kata Rina, Festival Cisadane akan dimeriahkan berbagai perlombaan seperti aneka lomba permainan tradisional gelaran Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kota Tangerang, lomba Perahu Naga, Lomba Perahu Kole dan Kano, Lomba Barongsai, Lomba Tari Lenggang Cisadane, Lomba Tari Kreasi, Lomba Musik Dangdut dan Lomba Permainan Tradisional.
“Semua jenis perlombaan akan dipusatkan di jalan Benteng Jaya,”ujar Kadisporparekraf Kota Tangerang, Hj R Rina Hernaningsih.
Sedangkan untuk di Jl Berhias, Pasar Baru, akan digelar beragam pameran. Diantaranya pameran Pekan Pendidikan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang. Selain itu ada juga pameran UKM, Temu Komunitas, Pasar Batu Akik, Pameran Flora dan Fauna, Pagelaran Wayang Golek, Kontes Modifikasi Motor, serta Pasar Rakyat. Disediakan sebanyak 200 stand untuk UKM serta OPD Kota Tangerang yang ikut serta dalam festival ini.
“Setiap harinya mulai jam 9 pagi hingga jam 9 malam di tempat ini akan ramai dengan berbagai kegiatan festival. Diharapkan sedikitnya 5.000 orang datang berkunjung ke festival ini setiap harinya,” kata Rina.  
Tak cukup dengan beragam pameran dan perlombaan, Pemkot Tangerang juga berupaya menggaet anak muda dengan menampilkan Food  Truck Festival (FTF). Ini adalah salah-satu sajian unik yang akan ditampilkan di Festival Cisadane 2015. FTF semacam restoran di dalam mobil jenis van yang menyajikan kuliner luar dan dalam negeri beserta variasinya.
 Direncanakan ada 15 food truck yang akan ikut dalam festival ini. Jejeran mobil-mobil ini akan memanjang mulai ujung jembatan Jl Merdeka sampai Jl Benteng Jaya. “Warga yang biasanya anak-anak muda senang makanan jenis ini,” tutur Hj R Rina Hernaningsih, Kepala Disporparekraf Kota Tangerang.
Para peserta food truck festival ini berasal dari komunitas food truck yang ada di Indonesia dan Pemkot Tangerang melalui Disporparekraf mengundangnya untuk memeriahkan festival ini. “Food truck mulai menjadi trend di kalangan anak muda zaman sekarang.” Selain food truck, warga pun bisa menikmati aneka panganan lainnya yang juga disediakan di stand-stand UKM yang ada di festival ini.

Festival Akan Ditutup Cisadane Fashion Carnival
KARNAVAL fashion atau disebut Cisadane Fashion Carnival juga akan memeriahkan perhelatan Festival Cisadane 2015. Karnaval ini akan digelar pada saat penutupan festival ini yaitu 30 Mei 2015.
Direncanakan seluruh warga baik pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum dapat berpartisipasi dalam karnaval fashion ini. “Tidak ada tema khusus dalam karnaval ini, warga dipersilahkan berkreasi sebaik mungkin,” kata Hj R Rina Hernaningsih, Kepala Disporparekraf Kota Tangerang.

Festival Cisadane, Ikon Kegembiraan Kota Tangerang
Warga ikut ambil bagian dalam festival.
  (Foto: Dinas Infokom)  
FESTIVAL Cisadane adalah ikon kegembiraan bagi rakyat yang telah menjadi program tahunan Pemkot Tangerang untuk diselenggarakan. Festival ini telah menjadi even tahunan yang diselenggarakan di tepian Sungai Cisadane.
Festival Cisadane yang selalu digelar sejak 1994 hingga sekarang dijadikan ajang menampilkan ragam budaya yang ada di Indonesia serta ajang pesta rakyat. Festival Cisadane dalam setiap tahun penyelenggaraannya selalu menampilkan sesuatu yang baru sehingga menarik minat masyarakat untuk datang. Misalnya saja pada 2010 digelar mendirikan 1.000 telur ayam yang tercatat dalam Rekor MURI, kemudian aneka lomba perahu yang selalu saja mengundang decak kagum warga yang melihatnya.

Tidak hanya itu aneka stand-stand yang menjajakan aneka produk dan UKM turut memeriahkan acara festival sehingga juga bisa menjadi wisata belanja. Aneka perlombaan juga digelar seperti lomba karaoke dangdut, lomba tari tradisional, modern dance dan tak ketinggalan juga penampilan grup band ternama sebagai bintang tamu pada setiap kegiatan Festival Cisadane. Selain itu juga berbagai kreatifitas lainnya yang juga ditampilkan dalam setiap pergelaran Festival Cisadane mengundang kunjungan ribuan warga ke acara ini. (*)

Tangerang NET

Berita Tangerang Untuk Dunia
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Masukkan Komentar

Ad Inside Post


Top