ads


Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Baca Juga

Sachrudin: perusahaan harus memberi peluang.
 (Foto: Istimewa)  
NET - Penyelenggaraan Job Fair untuk mengurangi angka pengangguran dengan menyerap 80 persen pencari kerja dari setiap kali penyelenggaraan. “Kenapa 80 persen yang terserap, karena ada seorang yang biasanya mendaftar lebih dari 1 perusahaan. Hal ini  ditambah banyaknya  pendaftar yang  tidak memenuhi syarat," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang Abduh Surrahman, Selasa (26/5/2015).

Angka pengangguran di Kota Tangerang, kata Abduh,  trendnya mengalami penurunan. "Angka pengangguran tahun ini berkisar 80.000, atau sekitar 7,8 persen dari jumlah penduduk, angka ini membaik dari tahun sebelumnya yang sebesar 8,3 persen,"  tandas Abduh.

Abduh  menjelaskan Job Fair kali ini diramaikan oleh 44 perusahaan, dengan jumlah lowongan sebanyak 11.845 dari dalam negeri, dan 6.293 dari luar negeri. Lowongan dalam negeri  masih paling ramai diminati. Hal ini karena  kurangnya rasa percaya diri dari para pencari kerja untuk merantau.  

"Tahun ini lowongan ke luar negeri sedikit sekali. Hanya Korea yang membuka banyak lowongan, itu pun syaratnya sulit karena harus bisa berbahasa korea," jelas Abduh.

Sementara itu, ribuan pencari kerja di Kota Tangerang  memadati Mall Tangerang City guna mengikuti pameran bursa kerja (Job Fair) 2015 yang kembali diadakan oleh Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Tenaga Kerja.   

“Job Fair merupakan kebijakan Pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran dan memberikan kesempatan yang luas bagi warga Kota Tangerang untuk memperoleh kesempatan yang lebih luas dalam memasuki dunia kerja,ujar Wakil Walikota  Tangerang Sachrudin  pada pembukaan Job Fair.

Sachrudin mengatakan   tantangan saat ini menjadi semakin berat.  Hal ini salah satu penyebabnya Indonesia masuk  pada era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sehingga berdampak pada terbukanya persaingan antara  tenaga kerja dalam negeri  dengan pekerja dari dunia luar untuk ikut mengakses dunia kerja yang sama dengan siapa pun.

“Pihak swasta atau pemberi kerja untuk bisa membuka peluang yang lebih besar kepada warga Kota Tangerang,” pinta Wakil Waikota .

Langkah lain yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang dalam menanggulangi permasalahan pengangguran ini adalah dengan mengadakan mini  Job Fair pada  tingkat kecamatan.

“Sudah tiga kecamatan yang mengadakan mini Job Fair di antaranya Kecamatan: Benda, Jatiuwung, dan Cibodas.  Ke depan,  saya harap akan juga diikuti oleh kecamatan lainnya,ucap Sachrudin.  (dang/ril)

Tangerang NET

Berita Tangerang Untuk Dunia
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Masukkan Komentar

Ad Inside Post


Top