ads


PPID Provinsi Banten

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Baca Juga

Dewanto saat sosialisasi penanganan B-3.
(Foto: Erwin Silitonga, TangerangNET,com)  
NET - Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar sosalisasi bahan berbahaya dan berracun (B-3) dan Limbah B-3 di Serpong, Rabu (15/4/2015).

Sosalisasi yang dihadiri puluhan peserta pemilik klinik ini bertema "Kita Meningkatkan Kesadaran Dalam Menjaga Lingkungan". Para peserta diajarkan  pengertian bahan berbahaya dan beracun (B-3) dan Karakteristik Limbah B-3.

Sekretaris BLHD Kota Tangsel Dewanto mengatakan ada banyak dampak limbah B-3, sangat berbahaya terhadap manusia karena mampu mencelakakan manusia secara langsung dan bersifat segera seperti terbakar atau terkena ledakan. Limbah B-3 juga dapat meracuni tubuh manusia melalui mulut, kulit, dan pernapasan. Bahkan racun dapat bersifat akut dan kronis.

Dapat juga mengakibatkan pencemaran tanah dan air tanah dari tumpahan serta penimbunan dan pembuangan akhir limbah B-3. Limbah B-3 yang bersifat korosif dapat menyebabkan kerusakan pada material terutama yang berasal dari logam.

"Saya berharap para peserta membuang limbah secara benar dan pada tempatnya, karena dalam ajaran yang bersih akan mendapat jiwa yang bersih," ujar Dewanto.

Ditambahkan Dewanto, di Kota Tangsel ada sekitar 340 klinik meski dikatakan masih berskala kecil.  Namun pengaruh limbahnya sangat besar yang dikeluarkan seperti bekas masker, pembalut, perban, kapas, jarum suntik, dan lain-lainnya. 

"Bila limbah ini dibuang sembarangan akan menimbulkan penyakit, untuk itu perlu diwaspadai," pungkasnya.

Sementara Kasubit Wasdal Limbah Padat BLHD Kota Tangsel Anaf Rizal menuturkan sebagai tugas pokok pengendalian Lingkungan Hidup melakukan sosalisasi B-3 kepada para pemilik klinik, karena sampai saat ini mereka belum mengetahui limbah dibuang kemana. 

"Sehingga, kami menggelar sosalisasi agar mereka tidak membuang limbah sembarangan," tandas Anaf Rizal. (win).


Tangerang NET

Berita Tangerang Untuk Dunia
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Masukkan Komentar

Ad Inside Post


Top